Selasa, September 01, 2020, 13:43 WIB
Last Updated 2020-09-01T06:43:09Z

Teh Oca: Wanita juga Punya Peranan Penting di Pilkada




PALI--Wanita mempunyai peranan sangat  penting dalam mensukseskan pesta demokrasi di Pilkada serentak tahun 2020,hal itu disampaikan oleh Rosa Safitri,S.Sos Sekjen RESEI (Research and Social Empowerment Institute) PALI di acara ngopi santai bareng KPU PALI yang disiarkan secara langsung melalui Facebook dan Instagram,Minggu (30/08/20).


"Salah satu yang menguatkan legalitas PILKADA adalah partisipasi masyarakat salah satunya kaum wanita,"terang wanita yang juga pegiat disabilitas di kabupaten Pali ini.


Menurut Teh Oca,sapaan akrabnya,bahwa sebenarnya aspirasi kaum ibu-ibu itu cukup banyak.Salah satu aspirasi tersebut tercakup dalam isu ekonomi, pendidikan dan kesehatan.


"Ibu-ibu yang pertama terdampak jika ada perubahan baik itu di ekonomi semisal harga sembako melambung tinggi,pendidikan, bayar SPP anak naik atau kesehatan."jelasnya


Selain itu teh Oca juga mengharapkan kepada penyelenggaraan pemilu untuk mengakomodir fasilitas khusus kepada penyandang disabilitas agar bisa berpartisipasi dalam ajang PILKADA nanti.


"Biasanya teman-teman disabilitas itu punya rasa 'minder' untuk menghadiri ragam keramaian. Sehingga tak kalah penting adanya komunikasi dan penguatan kepada pihak keluarga yang di rumahnya terdapat penghuni disabilitas,"tegasnya.


Selain Teh Oca narasumber di acara ngopi bareng KPU PALI ada juga perwakilan dari kaum milenial Rifki Alfariz dari Bujang gadis Pali dan Ketua KPU PALI Sunario,SE serta Bang Faturahman dari Rumah Citra Indonesia sebagai moderator.(MC)