Khamis, Januari 06, 2022, 06:35 WIB
Last Updated 2022-01-18T23:39:21Z
Nasional

Zodia Tanaman Pengusir Nyamuk

Tanaman Zodia


Hitspali.com  – Tanaman Zodia atau yang dalam bahasa latinnya evodia sauveolens, merupakan tanaman yang mampu mengendalikan Demam Berdarah Dengue (DBD).

Aroma wangi khas daun tanaman ini ternyata mampu membuat takut nyamuk aedes aegypti, nyamuk penyebab DBD.

Dari penelitian yang dilakukan oleh DR. Minarti, AmKeb SST MKes, mahasiswi Prodi S3 BKU Ilmu Lingkungan, Pascasarjana Universitas Sriwijaya mengungkapkan bahwa tanaman zodia merupakan tanaman yang ramah lingkungan, karena mengandung metabolit yang mampu mengusir nyamuk aedes aegypti.

“Hal ini terbukti dari hasil penelitian baik skala lapangan dan laboratorium. Kedepan menjadi pekerjaan rumah saya, untuk mensosialisasikan manfaat dan cara-cara pemanfaatannya untuk menurunkan angka DBD,” katanya belum lama ini.

Dalam penggunaannya tanaman yang berasal dari tanah Papua tersebut, cukup mudah. Hanya dengan diletakkan di dekat pintu atau jendela rumah, kemudian bisa mencegah nyamuk aedes aegypti. “Karena ketika tertiup angin daunnya bergesekan, dan menimbulkan aroma yang membuat nyamuk takut,” terangnya.

Ia juga mengatakan, tanaman zodia sangat sering ditemukan di Indonesia. “Karena tanaman ini dapat tumbuh pada berbagai lingkungan tanah dan iklim di Indonesia,” ujarnya, yang juga Bidan ini.

“Memang sudah ada yang meneliti tanaman zodia ini. Namun, untuk yang membuktikan skala lapangan dan diuji dengan skala laboratorium dengan dua musim yakni musim hujan dan kemarau, saya menjadi yang pertama. Dan mudah-mudahan dengan ditemukannya hasil penelitian ini menjadi sumbangsih bagi pemerintah,” tambahnya (isti)