Thursday, November 17, 2022, 20:19 WIB
Last Updated 2022-11-17T15:15:39Z
DisbudparDKPEventNasionalPALITrending

Disbudpar PALI Kembangkan Potensi Daerah di Pagelaran Pentas Seni Budaya

 

Penampilan peserta Pagelaran Seni Budaya | Foto : Ridho

Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menyelenggarakan Pagelaran Pentas Seni Budaya Tahun 2022.


Kegiatan berlangsung di gedung Pesos Komperta Pendopo Kecamatan Talang Ubi,diikuti perwakilan sanggar tari dan siswa sekolah sekabupaten PALI,Kamis (17/11/22).


staf ahli Bupati Drs.Agen Eleidi saat membuka kegiatan | Foto : hitspali.com


Plt Kepala Disbudpar PALI, Novita Febrianti, ST MT, menyampaikan,kegiatan tersebut bertujuan menggali kreatifitas serta potensi dari para pemuda dan pelaku seni di kabupaten PALI.


"Yang kami undang dalam kegiatan ini merupakan perwakilan dari beberapa sanggar yang ada di Kabupaten PALI dan juga para siswa sekolah,dimana 16 tim menampilkan seni tari dan 8 pasang menampilkan kesenian senjang,"Kata Kadisbudpar saat dibincangi disela-sela kegiatan.


Plt Kepala Disbudpar PALI, Novita Febrianti, ST MT | Foto : hitspali.com


Ia menambahkan jika pagelaran seni dan budaya kali ini merupakan langkah awal Disbudpar PALI dalam mengangkat, menggali serta mengembangkan potensi daerah.


"Ini merupakan langkah awal kita,kedepannya kita akan menambah lagi beberapa kesenian,seperti lagu dan permainan tradisional,"tuturnya.


Foto bersama dengan peserta | Foto : HITSPALI.com


Sementara itu Bupati PALI Dr.Ir.H.Heri Amalindo,MM yang diwakili oleh staf ahli Bupati Bidang Ekonomi,Pembangunan dan Keuangan Drs.Agen Eleidi saat membuka kegiatan mengatakan sangat mengapresiasi Pagelaran Pentas Seni Budaya yang diselenggarakan oleh
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten PALI.


"Dengan adanya kegiatan ini kita dapat mengembangkan seni dan budaya yang ada di kabupaten PALI,"Kata mantan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten PALI saat membuka kegiatan.


Tampak hadir pula Dewan Kesenian PALI | Foto : hitspali.com


Agen Eleidi berharap kegiatan ini menjadi motivasi bagi pemuda pemudi dan masyarakat PALI untuk menjaga  melestarikan keberagaman seni dan budaya di kabupaten PALI.


"Kedepannya pemuda-pemudi di Kabupaten PALI harus lebih kreatif lagi di dalam mengembangkan seni budaya yang ada,"tutupnya.


Simbolis penyerahan piagam dan uang pembinaan | Foto : Ridho


Dalam kegiatan tersebut tampak hadir, Sekertaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Haris Munandar S.Pd.M.si,Ketua Dewan Kesenian PALI (DKP) Drs.Arpan Manaman,pemangku adat,Bujang Gadis PALI (BGP),tokoh masyarakat dan tamu undangan.


Diakhir acara secara simbolis para peserta diberikan piagam penghargaan dan uang pembinaan.