Isnin, Disember 05, 2022, 20:37 WIB
Last Updated 2022-12-05T14:14:32Z
BisnisDisdagperinKemenperinNasionalPALITrending

Kemenperin salurkan bantuan 6 KUB IKM Alumunium di PALI

Penyerahan mesin dan peralatan kepada 6 Kelompok Usaha Bersama IKM di bidang alumunium di  Kabupaten PALI,Senin (5/12/22) | Foto : hitspali.com

Kementerian Perindustrian melalui Dinas Perindustrian Sumatera Selatan dan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menyalurkan mesin dan peralatan kepada 6 Kelompok Usaha Bersama IKM di bidang alumunium di  Kabupaten PALI,Senin (5/12/22).


Direktur Industri Kecil Menengah Logam Mesin Elektronika Alat Angkat dan Aneka Kementerian Perindustrian, Ir.Dini Hanggandari,M.Si menjelaskan pihaknya memberi perhatian terhadap peningkatan daya saing IKM alumunium.


Menurutnya, pada tahun anggaran 2022 Kemenperin melaksanakan bimbingan teknis untuk IKM alumunium di Kabupaten PALI.


“Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan kompetensi SDM di bidang pembuatan alumunium, agar pelaku IKM memberikan jaminan kualitas produk kepada konsumen,” kata Dini melalui Daring.


Ia menjelaskan peningkatan produktifitas IKM dapat diupayakan melalui kelengkapan mesin dan peralatan, sehingga pihaknya memberikan fasilitasi bantuan bagi pelaku IKM tersebut.


Dini berharap kelompok usaha bersama yang mendapat bantuan itu, dapat tumbuh dan menjadi mitra yang saling mendukung, meningkatkan produktifitas, dan daya saing.


Ia mengingatkan bantuan tidak bisa dipindah tangankan kepada pihak lain, apalagi diperjualbelikan.


Sementara itu Plt Kadisdagperin PALI Teguh Eko Sutrisno S.Kom.I. menjelaskan penerima bantuan berasal dari 6 kelompok Usaha Bersama (KUB).


Fasilitas mesin dan peralatan ini merupakan bagian dari program kegiatan, yang dilaksanakan Direktorat Industri Kecil Menengah Logam Mesin Elektronika Alat Angkat dan Aneka.


"Terimakasih pihak Kementerian Perindustrian Republik Indonesia,atas bantuan alat Industri nya kepada Sentra Industri Aluminium di Kabupaten PALI.,” kata Teguh.


Ia juga berharap kolaborasi bersama Kemenperin tersebut, dapat merangsang berkembangnya IKM di daerah yang kemudian berdampak pada pertumbuhan ekonomi.


"Upaya edukasi mesin produksi ini juga dilakukan dengan adanya Bimtek Peningkatan Pembuatan Aluminium kepada peserta Home Industri di Kabupaten PALI,"tutupnya.


Acara yang di laksanakan di aula Kantor Lurah Talang Ubi Timur di hadiri oleh panitia koordinator Pengembangan Program IKM LMEA Dr.Siska Farida Ariany,S.SiT,M.Si, Kadin perindustrian Sumsel Dr.Hj Mega Nugraha,SH,M.Si, Kadisdagperin PALI Teguh Eko Sutrisno S.Kom.I.,Kabid Perindustrian PALI Aan Jultravolta,ST.,M.Kom,pelaku IKM alumunium dan dibuka secara langsung oleh Direktur Industri Kecil Menengah Logam Mesin Elektronika Alat Angkat dan Aneka Kementerian Perindustrian, Ir.Dini Hanggandari,M.Si secara daring.