Khamis, Disember 01, 2022, 14:53 WIB
Last Updated 2022-12-02T02:34:53Z
batikDekranasdaEventNasionalPALITrending

Tingkatkan Keterampilan Pengrajin, Dekranasda PALI Gelar Pelatihan Batik

Pelatihan dibuka secara langsung oleh ketua Dekranasda Kabupaten PALI  Ir Hj Sri Kustina | Foto : Adit 


Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar Kegiatan koordinasi sinkronisasi dan pelaksanaan pemberdayaan industri dan peran serta masyarakat pelatihan batik tulis dari tanggal 30 November - 6 Desember 2022 di Batik Berkah Kota Jambi.


Pelatihan ini diikuti oleh 15 peserta dari pengrajin batik di kabupaten PALI, Hadir Ketua Dekranasda kabupaten PALI Ir Hj Sri Kustina beserta jajaran serta anggota Dekranasda Kabupaten PALI.Narasumber kegiatan ini menghadirkan pimpinan dari Batik Berkah Kota Jambi Hj. Mahmuda.


Peserta juga diajarkan membuat motif batik | Foto : Adit


Ketua umum Dekranasda PALI Ir Hj Sri Kustina membuka kegiatan pelatihan batik secara resmi. Dalam sambutannya ia menekankan bahwa pengrajin batik PALI harus belajar gimana caranya membuat motif batik dengan garis canting yang beragam warna.


"Selama ini garis canting yg dihasilkan bewarna putih terus, jadi dengan pelatihan ini,pengrajin belajar menggunakan teknik tutup celup pada batik untuk menghasilkan garis canting yang berwarna,"kata anggota DPR RI dari Partai Nasdem.


Peserta juga diajarkan mencanting | Foto : Adit Pradana


Menurut Rifdatul Khairoh salah satu pemilik Batik Berkah Jambi (Anak Ibu Hj Mahmuda) Batik Berkah Jambi berdiri di Daerah seberang Jambi, didirikan oleh Ibu Hj. Mahmuda pada tahun 1987.
Gencar melakukan pengembangan inovasi dan pemasaran pada tahun 2019, mulai dari hal-hal kecil untuk inovasi harus terus dipelajarin, sampai harus melihat trend yang sedang beredar untuk mencapai pasar yang lebih luas lagi.


"Batik bukan hanya menjual kain, tetapi menjual cerita daerah masing-masing, seperti Kabupaten PALI harus mempunyai value motif batik sendiri,"kata 
Rifdatul Khairoh.


Peserta diajarkan juga mengenai pewarnaan batik | Foto : Adit Pradana


Ia menambahkankan PALI harus memiliki motif batik yang menjadi ciri khas PALI sendiri.


"Ikon daerah harus dijadikan motif batik khas daerah itu sendiri,"tutupnya.