Selasa, Februari 07, 2023, 17:33 WIB
Last Updated 2023-02-08T10:35:34Z
E-Magazine

Ditegaskan,Pedagang Pasar Rakyat Talang Kerangan Wajib Buka Setiap Kalangan Hari Selasa



Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Perindustrian dan perdagangan (Disperindag) terus berupaya agar pasar Rakyat Talang Kerangan tetap ramai baik oleh pedagang maupun pengunjung. 


Pasar yang diresmikan pada tahun 2019 oleh Bupati PALI Dr.Ir.H.Heri Amalindo, MM  pernah ramai oleh aktivitas jual beli pada awal peresmiannya.Namun seiringnya waktu karena berkurangnya jumlah pengujung pasar, para pedagang yang sebagian besar merupakan pedagang Pasar Inpres Talang Ubi yang direlokasi,satu demi satu meninggalkan pasar Rakyat Talang Kerangan. 


Beberapa solusi pernah dilakukan oleh Disperindag PALI guna meramaikan kembali Pasar Rakyat Talang Kerangan,dari menggelar Forum Group Discussion (FDG) dengan sejumlah OPD dan Assosiasi Pedagang Pasar,melakukan pendekatan secara persuasif dengan cara sosialisasi kepada calon pedagang maupun calon pembeli hingga yang baru-baru ini dilaksanakan yaitu pasar Kalangan Hari Selasa.


Dijumpai diruang kerjanya Plt Kadisperindag Aan Jultravolta, ST.,M.Kom mengatakan jika hingga saat ini pihaknya terus berupaya agar pasar Rakyat Talang Kerangan ramai baik oleh pedagang maupun pembeli.


"Saat ini kami telah mendata nama-nama pedagang yang menempati Kios pasar talang kerangan, kemudian setelah penertiban yg dilakukan ini diharapkan tidak ada lagi tumpang tindih nama-nama pedagang yang menempati Kios-kios tersebut, dan melalui penertiban ini bagi para pedagang yang telah diizinkan menempati kios tsb wajib berjualan setiap pasar kalangan hari selasa, dan akan dicabut izinnya apabila melanggar kewajiban tersebut,"kata Plt Kadisperindag Senin (6/2/23). 


"Kami himbau setiap hari selasa seluruh pedagang di pasar Rakyat Talang Kerangan membuka kiosnya dan berjualan dengan serius, Ayo mari kita berjuangnya sama-sama dari awal jangan ketika sudah ramai baru mau buka," tegasnya. 


Ditambahkan kadisperindag selain menambah dan memperbaiki sarana prasarana pasar pihaknya juga akan kembali menggandeng pemain bongkar muat sayuran di pasar Talang Kerangan dan untuk awalnya di rutinkan setiap hari selasa. 


"Bissmillah,InsyaALLAH kedepannya dalam menyambut bulan suci Ramadhan kita akan usahakan pasar kaget atau pasar ramadhan di pusatkan di Pasar Rakyat Talang Kerangan",tandasnya.