Isnin, September 04, 2023, 13:02 WIB
Last Updated 2023-09-05T06:11:32Z
Kabupaten PALIKDAIPendidikanTrending

Dorong Transformasi Digital di Kabupaten PALI,Kampung Digital Air Itam Jalin Kerjasama dengan Dinas Pendidikan PALI

 

Kadisdik PALI saat mengunjungi salah satu ruangan di SKB bersama Tim KDAI | Foto : KDAI 


Kampung Digital Air Itam (KDAI) Kabupaten PALI, Sumatera Selatan, semakin tegas dalam upayanya untuk mendukung transformasi digital di dunia pendidikan.


Langkah signifikan telah diambil dengan adanya audiensi dan kerja sama yang kuat antara Kampung Digital Air Itam dan Dinas Pendidikan Kabupaten PALI.


Kesepakatan ini bertujuan untuk mengakselerasi literasi digital dan keterampilan teknologi para generasi muda yang dipersiapkan untuk nantinya akan menghadapi bonus demografi 2030.


Dalam pertemuan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten PALI yang kemudian dilanjutkan kunjungan ke SKB (Sanggar Kegiatan Belajar),Team Kampung Digital Air Itam menyampaikan visi mereka dalam meningkatkan soft skill dan hard skill talenta digital kabupaten PALI.


"Kami telah berhasil melaksanakan beberapa event dan program-program pembelajaran seperti pembuatan website menggunakan Layanan Google Site, Lomba Content Creator dan Seminar Soft Skill termasuk Workshop Pengenalan Dasar-Dasar Teknologi," Kata Lead Community Kampung Digital Air Itam, Irpansyah,Senin (4/9/23).


Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten PALI, Raden Abdurrohman, dengan penuh semangat menyambut audiensi ini.Beliau menggaris bawahi pentingnya implementasi teknologi digital dalam dunia pendidikan.


“Saya berharap dengan adanya kerja sama ini ekosistem digital di kabupaten PALI dan pembelajaran di SKB ini menjadi lebih produktif dan lebih baik dari sebelumnya.”begitu ungkap Kadisdik.


Salah satu hal penting dari pertemuan ini adalah perjanjian kerja sama antara Kampung Digital Air Itam dan Dinas Pendidikan Kabupaten PALI.Dalam kerangka kerja sama ini, Dinas Pendidikan akan memberikan dukungan sepenuhnya kepada Kampung Digital Air Itam,termasuk fasilitas dan sumber daya yang dibutuhkan untuk pelaksanaan program pelatihan digital yang efektif.


Program pelatihan digital yang resmi juga akan dibentuk,yang akan menjadi inisiatif bersama antara Dinas Pendidikan dan Kampung Digital Air Itam.Program ini akan mencakup pelatihan dalam berbagai aspek teknologi,termasuk pemrograman,penggunaan perangkat lunak produktif,serta pemahaman etika dan keamanan dalam dunia digital.


Pembina Kampung Digital Air Itam,Teguh Eko Sutrisno,menyampaikan antusiasme besar atas kerja sama ini dan berharap bahwa ini akan membantu lebih banyak warga PALI untuk mengembangkan keterampilan digital yang relevan dengan zaman.


“Alhamdulillah Pemkab PALI mendukung dan concern terhadap giat Kampung Digital Air Itam. Dengan diwadahi oleh Dinas Pendidikan mulai dari penggunaan infrastruktur dan pembinaan SDM, kami yakin PALI bisa menjadi lokomotif digitalisasi di Sumatera Selatan.” Ujar Teguh. 


Kunjungan ini mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan literasi digital dan keterampilan di Kabupaten PALI. Kolaborasi yang kuat antara komunitas lokal dan pemerintah daerah adalah langkah besar dalam memastikan bahwa komunitas PALI siap menghadapi masa depan yang semakin terhubung secara digital.