Rabu, Oktober 18, 2023, 15:26 WIB
Last Updated 2023-10-19T22:31:11Z
DaerahFCBANasionalTrending

Disdukcapil Buka Pelayanan di Festival Candi Bumi Ayu

Masyarakat memenuhi Stand Disdukcapil PALI di area Festival Candi Bumi Ayu | Foto : Diskominfo PALI


Momen Festival Candi Bumi Ayu ternyata dimanfaatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) untuk menggelar pelayanan kepada masyarakat yang mengunjungi gelaran tahunan tersebut.


Hal itu terlihat pada gelaran Festival Candi Bumi Ayu di hari pertama kegiatan, Rabu 18 Oktober 2023.


Tampak puluhan masyarakat mendatangi stand Disdukcapil kabupaten PALI yang sengaja didirikan di sekitar lokasi digelarnya Festival Candi Bumi Ayu. 


Masyarakat yang datang ke stand Dukcapil didominasi pelajar yang mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik.


"Sebagian besar pengunjung ke stand Dukcapil dari kalangan pelajar yang baru pertama kali melakukan perekaman KTP elektronik," ungkap Plt Kepala Disdukcapil kabupaten PALI, Rizmaliza. 


Diakui Rizmaliza bahwa memanfaatkan momen kegiatan massal seperti itu bukan hanya pada kegiatan festival Candi Bumi Ayu saja, melainkan telah puluhan kali Dukcapil PALI melakukan pelayanan serupa. 


"Komitmen kami mempermudah masyarakat PALI dalam mengurus dokumen kependudukan tanpa harus datang ke kantor Dukcapil. Pelayanan ini kami lakukan setiap ada kegiatan massal bahkan sering melakukan jemput bola hingga ke pelosok," terangnya.


Ditambahkan Rizmaliza bahwa jadwal pelayanan mengurus administrasi kependudukan di lokasi Festival Candi Bumi Ayu hingga gelaran akbar itu selesai. 


"Pelayanan ini dari hari pertama hingga tanggal 20 Oktober 2023. Karena kegiatan Festival Candi Bumi Ayu dilaksanakan selama 3 hari di pelataran kawasan candi," imbuhnya. 


Rizmaliza mengajak masyarakat PALI yang belum memiliki KTP elektronik terutama bagi pemula atau warga baru menginjak usia 17 tahun untuk segera mendatangi lokasi stand Dukcapil. 


"Membuat KTP elektronik bagi pemula syaratnya mudah, cukup bawa Kartu Keluarga (KK) dan langsung melakukan perekaman. Ada petugas Dukcapil siap melayani di lokasi Festival Candi Bumi," ajaknya.


Disamping melayani perekaman KTP elektronik, Rizmaliza juga siap melayani masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan lainnya.


"Datang saja ke stand Dukcapil dan manfaatkan momen Festival Candi Bumi untuk mengurus administrasi kependudukan, seperti KK, KTP elektronik, Akte kelahiran dan lainnya. Jadi disamping bisa menyaksikan rangkaian kegiatan festival juga permasalahan administrasi kependudukan bisa selesai," tutupnya.