Selasa, Oktober 24, 2023, 23:47 WIB
Last Updated 2023-11-01T00:10:30Z

Tingkatkan Skill Pengrajin, Dekranasda PALI Kirim 6 Peserta Ikuti Pelatihan Seni Ukir Kayu

Berbagi teknik diajari kepada peserta | Foto : dok.dekranasda 


Dinas perindustrian dan perdagangan Kabupaten PALI melalui Dekranasda PALI mengirimkan 6 warga daerah itu ke Balai Besar Standarisasi dan pelayanan jasa Industri Kerajinan dan Batik (BBSPJIKB) Yogyakarta, untuk belajar mengukir kayu.


Kepala Dinas Perindustrianan perdagangan PALI Brisvo Diansyah M, ST.,MM yang juga ketua harian Dekranasda PALI mengatakan kegiatan yang diikuti 6 peserta ini merupakan upaya untuk memperkuat kapasitas masyarakat dan penciptaan peluang ekonomi baru melalui keterampilan yang dimiliki.




"Yang saat ini kami kirim untuk kegiatan pelatihan sebagai peserta dari pengrajin mengukir kayu.Besar harapan dan semangat serta keyakinan dalam diri kami, bahwa semua kita di sini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. ada potensi dari dalam diri kita yang perlu digali sehingga akan timbul menjadi karya," Kata Kata Brisvo Diansyah disela-sela pembukaan pelatihan anyaman, Sabtu (21/10/23).


Diharapkan peserta yang mengikuti pelatihan ini nantinya bisa mendukung terwujudnya kota wisata di Kabupaten PALI, dengan menciptakan lapangan pekerjaan baru serta bisa menghasilkan aneka produk kerajinan berupa ukiran kayu yang bisa dijadikan cinderamata bagi pengunjung yang datang ke daerah itu.Para peserta pelatihan yang mereka kirimkan itu kata Brisvo, semuanya pembiayaannya ditanggung Pemkab PALI mulai dari tiket pesawat pulang-pergi, penginapan maupun biaya makan minum selama mengikuti pelatihan.


Kunjungan ketua umum Dekranasda PALI yang Ketua Dekranasda PALI | Foto : dok.Dekranasda


Salah satu peserta pelatihan Agung, menyampaikan terima kasih telah difasilitasi pada pelatihan ini, yang dinilai sangat bermanfaat dalam menumbuhkan daya kreatif dan keterampilan masyarakat untuk menciptakan peluang ekonomi baru.


"Alhamdulillah kami diberikan kesempatan mengikuti pelatihan ini dan nantinya apa yang kita dapat disini akan kami kembangkan,sehingga nantinya PALI mempunyai motif atau desain sendiri Seni ukir kayu khas kabupaten Pali,"ujarnya.