Khamis, November 30, 2023, 21:50 WIB
Last Updated 2023-12-07T23:02:40Z
DaerahDekranasdaDisperindag

Dekranasda PALI beri Pelatihan pada Perajin Tenun Songket

Salah satu peserta saat mengikuti pelatihan | Foto : Dekranasda PALI


Sebanyak 6 pengrajin tenun songket dari Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) PALI.


Kegiatan yang dilaksanakan di rumah songket Bellazi di Lorong sawahTanggo Buntung Kelurahan 3O Ilir Kecamatan Ilir Barat II Kota Palembang Sumatera Selatan,dibuka secara langsung oleh ketua Dekranasda Kabupaten PALI Ir.Hj Sri Kustina Heri Amalindo yang diwakili oleh ketua harian Dekranasda Brisvo Diansyah ST MM,Kamis (30/11/23).


Ketua harian dekranasda PALI membuka acara pelatihan | Foto : Dekranasda PALI


Dalam sambutannya Ketua Dekranasda PALI berpesan kepada peserta agar dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga nantinya akan berdampak positif terutama memiliki keterampilan dan dikembangkan dengan membuka kerajinan songket sendiri dikemudian hari.


"Kepada peserta supaya dapat mengikuti kegiatan ini secara tekun dan sabar selama 8 hari, dan juga nantinya setelah pelatihan ini diharapkan peserta dapat menghasilkan tenunan songket yang berkualitas dan bisa bersaing ditingkat nasional pada ajang promosi, pameran dan juga perlombaan," kata Brisvo.


Peserta di diberikan berbagai pelatihan | Foto : Dekranasda PALI


Sementara itu Muhaimin pemilik rumah songket Bellazi mengucapkan terimakasih karena rumah songket miliknya sudah di percaya menjadi  tempat para pengrajin kain tenun songket asal kabupaten PALI untuk berlatih.


"Alhamdulillah Rumah Songket Ballezi di percaya untuk tempat pengrajin PALI mendapatkan pelatihan,"Kata Muhaimin.


Menurut Muhaimin dirinya tidak akan merasa kesulitan dalam memberikan pelatihan dikarenakan peserta sudah memiliki basic.


Salah satu songket yang dibuat oleh peserta | Foto : Dekranasda PALI


"Para peserta sudah memiliki basic dalam tenun songket sehingga tidak begitu sulit bagi kami dalam memberikan pelatihan,tinggal kami memberikan transfer ilmu yang belum mereka dapati dari pelatihan sebelumnya,"ucapnya.


Salah satu peserta pelatihan kain songket Yeri mengatakan dirinya bersyukur mendapatkan kesempatan mengikuti pelatihan kain songket.


"Menenun kain songket itu tidaklah mudah,banyak tahapan-tahapannya.Kalau sebelumnya kita dilatih cara menenun kainya kali ini diajari bagaimana membuat motif songketnya"ucapnya.


Foto bersama | Foto : Dekranasda PALI


Tak lupa dirinya mewakili peserta lainnya mengucapkan terimakasih kepada Ketua Dekranasda PALI Ir Hj Sri Kustina telah memberikan kesempatan mengikuti pelatihan kain songket.


"Terimakasih Ibu sri,semoga ilmu yang kami dapat ini mampu kami kembangkan di PALI,"tutupnya.


Pelatihan tersebut mengusung tema Koordinasi,Sinkronisasi dan Pelaksanaan Pemberdayaan Industri dan Peran Serta Masyarakat Tahun 2023 (Pelatihan Songket).