Rabu, November 15, 2023, 16:15 WIB
Last Updated 2023-11-16T03:16:51Z
DaerahTrending

Disperindag PALI Sidak Pasar, Stabilitas dan Antisipasi Kenaikan Harga

 


Setelah sebelumnya Disperindag Kabupaten PALI, Provinsi Sumatera Selatan, mengadakan sidak pemantauan harga bahan pokok di Pasar Inpres Kecamatan Tanah Abang pada selasa (14/11/2023).

Kembali Disperindag Kabupaten PALI dan Forkopimda PALI melaksanakan Sidak di pasar Inpres Talang Ubi, Rabu (15/11) 23).

Dalam keterangannya, Plt. Kepala Disperindag Kabupaten PALI, melalui Sekertaris Dinas Harun menerangkan bahwa pihaknya menggelar kegiatan tersebut untuk memastikan stok cukup dan harga stabil.

Ia juga mengatakan harga komoditas di Pasar Inpres Pendopo, masih stabil. Stok barang juga masih cukup.



“Untuk harga beras premium, belum ado kenaikan atau juga penurunan. Masih di angka Rp 14.500 per kg. Daging ayam potong pun sama dengan hari sebelumnya, yakni Rp 30 ribu per kg. Cabe merah masih tetap Rp 70 ribu per kg sementara cabe rawit merah turun sedikit, dari Rp 85 ribu, kini menjadi Rp 80 ribu. Begitu juga telur ayam yang masih bertahan di harga Rp 27 ribu per kg,” ujarnya.



Harun juga mengatakan akan terus secara kontinyu melakukan monitoring pasar. Untuk memastikan ketersediaan sembako untuk warga tercukupi dan harga masih bisa terjangkau.



Sementara itu Staf Ahli Bupati, Agen Eliedi yang memimpin pelaksanaan monitoring mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui stabilitas harga kebutuhan pokok, pendistribusian dan ketersediaan.


"Dari hasil monitoring kami hari ini, terdapat berbagai macam bahan pokok seperti cabai, bawang merah dan bawang putih yang mengalami kenaikan harga,"ujar Agen Eliedi, Rabu.



Agen Eliedi juga menyampaikan, harga komoditas cabai berbagai jenis di pasar Inpres Pendopo kian pedas, di antaranya disebabkan oleh penurunan produksi ditingkat petani.



"Ketersediaan pasokan sebetulnya aman, jumlahnya ada."



"Cuma banyak (tanaman) yang rusak dikarenakan faktor cuaca di musim kemarau dampak dari El Nino, sehingga produksi menurun.

"

Sedangkan permintaan tidak turun sehingga harganya naik,"terangnya.