Selasa, November 21, 2023, 12:18 WIB
Last Updated 2023-11-21T05:18:55Z
DaerahNasionalTrending

Pemkab PALI Gelar Pengawasan Kemetrologian Guna Lindungi Konsumen

Pelaksanaan pengawasan Kemetrologian dilaksanakan di dua Pasar di Kabupaten PALI | foto : Disperindag PALI


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) , Sumsel, pada November 2023 ini menggelar pengawasan kemetrologian terhadap timbangan pedagang, guna melindungi konsumen.


"Kegiatan ini untuk memastikan kebenaran pengukuran dan memberikan perlindungan bagi konsumen termasuk pelaku usahanya," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) PALI Brisvo Diansyah ST MM melalui Ahli Pertama Pengawas Kemetrologian Kabupaten PALI Ario Noverza Putra ST, Kamis (21/11/23) 



Disperindag Kabupaten PALI menggelar pengawasan kemetrologian dipasar Tanah Abang Kecamatan Tanah Abang dan Pasar Inpres Talang Ubi kecamatan Talang Ubi. 



"Pengawasan ke pedagang pasar dilakukan selain untuk memastikan takaran timbang milik pedagang, juga untuk mengecek terkait alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) agar jangan sampai ada alat tambahan yang bisa merugikan konsumen dan pelaku usahanya," kata Ario.


Ario mengatakan bahwa pihaknya memang rutin melakukan pengawasan semacam ini, namun tidak dilakukan kepada seluruh pedagang, karena terkait dengan anggaran dan keterbatasan SDM.


"Jadi dalam pelaksanaan pengawasan dipilih pedagang yang belum pernah dilakukan pengawasan secara langsung, atau kepada pedagang yang ada aduan masyarakat karena dirasa kurang takarannya ketika memberi barang di pedagang tersebut," ucapnya.


Ario menyebut hasil pengawasan yang sudah dilakukan kepada pedagang didua pasar di kabupaten PALI, hasilnya masih sesuai dengan aturan dan hasil pengujian masih dalam batas yang diizinkan.