Khamis, Disember 21, 2023, 14:43 WIB
Last Updated 2023-12-21T22:48:22Z
DaerahDisperindagTrending

Pemkab PALI Gelar Pengawasan Kemetrologian SPBU Jelang Nataru

Pengawasan dilaksanakan di SPBU Beracung | Foto : dok.Disperindag PALI


Jelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dinas perdagangan dan perindustrian Kabupate Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melakukan pengawasan Kemetrologian SPBU Di wilayah PALI,Kamis (22/12/2023).


Pengawasan distribusi BBM terhadap UTTP (Ukur, Timbang, Takar, dan Perlengkapan lainnya).


Khususnya terhadap pompa ukur BBM di SPBU untuk menjaga ketertiban ukuran distribusi BBM menjelang Nataru.




Kepala Disperindag, Brisvo Diansyah ST MM,melalui melalui Ahli Pertama Pengawas Kemetrologian Kabupaten  PALI Ario Noverza Putra ST,mengatakan pengawasan di lakukan dalam rangka menindaklanjuti surat Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Direktorat Kemetrologian Kementrian Perdagangan tentang pelaksanaan, pengawasan, pengamatan, dan pemantauan Metrologi Legal menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN).


Juga melaksanakan amanat UU Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen Pasal 3 ayat b. Yaitu mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkannya dari ekses negatif pemakaian barang dan atau jasa.


"Kegiatan pengawasan ini di lakukan dalam rangka meningkatkan perlindungan konsumen atas jaminan kebenaran hasil pengukuran dan transaksi perdagangan,” Ujar Ario Noverza Putra.




Hasil pengawasan yang di lakukan, sebutnya, untuk tera dan UTTP masih dalam kondisi aman atau wajar.


Sehingga kepada para konsumen atau pengguna BBM tidak perlu khawatir.


“Pengawasan tersebut di lakukan untuk memastikan penggunaan dispencer dan nozel yang di gunakan sesuai ketentuan, kebenaran hasil pengukuran,” ucapnya.




Kepada para pemilik SPBU, Ia mengucapkan terimakasih karena telah membantu pemerintah daerah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak di inginkan, khususnya terkait distribusi BBM.


Adapun hasil kegiatan pengawasan yang di lakukan sampai saat ini kondisi aman terkendali.Hasil pengawasan ini akan di laporkan ke Direktorat Metrologi Kementrian Perdagangan RI.


"Untuk hari ini, kamis (22/12/2023), pengawasan di lakukan di SPBU PT Bakung Cipta Energi Kecamatan Talang Ubi," tutupnya.