Khamis, Januari 04, 2024, 16:55 WIB
Last Updated 2024-01-04T09:56:36Z
DaerahPALI MemilihTrending

Hari Ketiga Pendaftaran Pengawas TPS,Panwascam Talang Ubi Terima Sejumlah Pelamar

Antusias masyarakat mengikuti pendaftaran Pengawas TPS | Foto : emce project

Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Talang Ubi membuka pendaftaran pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS). Terhitung, sudah dimulai sejak Selasa (02/01/24).


Saat ini,kamis (04/01/24) sebanyak 158 orang pelamar telah menyerahkan berkas pendaftaran ke Kantor Sekretariat Pengawas Pemilu Kecamatan Talang Ubi.Terdiri dari, perempuan sebanyak 75 orang dan laki-laki sebanyak 83 orang.


Ketua Panwascam Talang Ubi, Johan Saputra mengatakan, pendaftaran pengawas TPS dilaksanakan mulai 2 sampai 6 Januari 2024. Dengan jumlah sasaran 257 pengawas TPS se-Kecamatan Talang Ubi.


“Untuk saat ini kami harus menargetkan sebanyak 257 pengawas, arahan dari Bawaslu Kabupaten PALI,”ucap dia kepada Hitspali.com, Kamis (04/01/24).


Melihat dari jumlah pelamar saat ini, kata Johan Saputra, memenuhi jumlah sasaran tersebut, merupakan tantangan besar kepada Panwascam Talang Ubi.Namun, dirinya terus bertekat untuk memenuhi.


"Kami juga sudah lakukan pemasangan informasi di sosial media, agar bisa lebih menarik peminat untuk menjadi pengawas TPS pada Pemilu 2024,” tutur dia.


Johan Saputra mengatakan, kantor sekretariat Panwascam Talang ubi membuka layanan pendaftaran pada pukul 08.00-16.00 WIB. Dengan membawa berkas-berkas yang sudah dibutuhkan.


“Pelamar wajib melengkapi sejumlah dokumen, yaitu, fotokopi KTP, pas foto terbaru ukuran 4x6 sebanyak dua lembar, fotokopi ijazah terakhir dengan membawa yang asli, surat pendaftaran, daftar riwayat hidup dan surat pernyataan bermaterai 10.000 dengan menggunakan map merah untuk laki-laki dan map biru untuk perempuan ,” kata dia.


Adapun persyaratan pendaftar antara lain sebagai Warna Negara Indonesia (WNI), berusia minimal 21 tahun, pendidikan minimal SMA sederajat, tidak menjadi anggota partai, tim sukses, relawan dan saksi partai serta berdomisili di Kecamatan Talang Ubi.Kemudian, sehat jasmani dan rohani, setia pada Pancasila, UUD 1945, cita-cita bangsa pada proklamasi 17 Agustus 1945 dan bersedia bekerja paruh waktu.Serta memiliki kemampuan dan keahlian tentang pemilu, ketatanegaraan, kepartaian, dan pengawas pemilu. Masih ada waktu, mari manfaatkan kesempatan untuk mendaftar menjadi pengawas TPS.