Rabu, Mei 27, 2020, 03:56 WIB
Last Updated 2020-05-26T20:56:28Z

PALI,Kabupaten Terakhir di Sumatera Selatan yang Berada di Zona Hijau,Kini Umumkan Satu Warganya Positif Covid-19


PALI--Kasus pasien positif terinfeksi virus corona (COVID-19) di Provinsi Sumatera Selatan kini tercatat ada di 17 Kabupaten/Kota.Kabupaten terakhir yang mencatat pasien positif corona itu adalah Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sebanyak 1 orang. Sebelumnya, sejak kasus pertama di Sumatera Selatan pada tanggal 24 Maret 2020, baru tanggal 26 Mei 2020 dikonfirmasi Kabupaten PALI telah terdapat 1 kasus pasien positif COVID-19.

"Hari ini kasus konfirmasi positif Covid-19 baru ada 56. Salah satunya ada dari Pali sebanyak satu orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 di Sumsel Yusri, SKM. MKM, Selasa (26/5/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan begitu ia semua wilayah Kabupaten/Kota di Sumsel sudah ada konfirmasi positif.

Sementara itu juru bicara Tim gugus tugas pencegahan Covid-19 Kabupaten PALI,dr Zamir Alvi mengatakan positifnya warga kabupaten Pali semula berstatus orang dalam pengawasan (ODP) merupakan hasil sweb test Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

"Hasil sweb itu di keluarkan BBLK Palembang yang kemudian diteruskan ke 
Rumah sakit Bunda Prabumulih lalu disampaikan ke Kepala Dinas kesehatan Pali.Hasilnya Positif,dan saat ini PDP tersebut masih dalam perawatan di RS.Bunda,"Ungkap dr Zamir.

Ditambahkan dr Zamir pasien tersebut mempunyai riwayat perjalanan dari luar kota.

Untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut,tim gugus tugas bergerak cepat dengan melakukan penyisiran pada keluarga dan tetangga pasien.

"Hasilnya ditemukan lagi pasien usia lanjut yang reaktif saat Rapid test,Satgas pun langsung mengisolasi warga itu ke SLB Talang Kerangan dan sudah dilakukan swab test,"jelas dr Zamir.(MC)


Sumber : Buletinterkini.com