Khamis, Februari 25, 2021, 17:09 WIB
Last Updated 2021-02-25T10:09:12Z
Sumsel

Gubernur Sumsel Akan Lantik 6 Bupati Terpilih,PALI Dipimpin Pj Bupati


Ilustrasi


PALEMBANG, - Hitspali.com Meskipun Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah mengeluarkan surat edaran bahwa pelantikan bupati dan wakil bupati di seluruh daerah dilakukan secara virtual.


Namun,Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru akan melantik enam bupati terpilih secara tatap muka di Griya Agung Palembang yang merupakan rumah dinasnya pada Jumat (26/2/2021) besok.



Hal itu dikarenakan ke khawatiran akan terkendalanya sinyal saat pelaksanaan pelantikan secara virtual.


"Sehingga saya minta izin ke Kemendagri untuk dilakukan pelantikan secara langsung dikhawatirkan terjadi gangguan sinyal. Karena pelantikan ini merupakan proses yang sakral," kata Herman, Rabu (24/2/2021).


Pelantikan secara virtual, menurut Herman, justru dapat menimbulkan kerumunan.


Sebab, para pendukung bupati dan wakil bupati terpilih pasti akan datang langsung ke lokasi acara.


Sementara, jika pelantikan dilakukan di Palembang, kerumunan pasti akan berkurang karena jarak dari daerah ke kota cukup memakan waktu lama.


"Saat pelantikan nanti juga kita ikuti protokol kesehatan, jika di daerah dikhawatirkan massanya tidak terkendali," ujarnya.


Adapun enam bupati dan wakil bupati yang akan dilantik tersebut adalah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) pasangan Kuryana Aziz-Johan Anuar, OKU Timur Lanosin- HM Adi Nugra Purna Yudha, OKU Selatan Popo Ali Martopo-Selhien Abuasir, Ogan Ilir (OI) Panca Wijaya Akbar-Ardani, Musi Rawas (Mura) Ratna Machmud-Suwarti dan Kabupaten pasangan Muratara Devi Suhartoni-Innayatullah.



Sementara, untuk Kabupaten PALI pasangan Bupati dan Wakil Bupati terpilih belum dilantik lantaran masih bersengketa di Mahkama Konstitusi (MK).


"Untuk PALI sementara tetap dipimpin Pj Bupati," ujarnya.(MC/*)