Selasa, Februari 02, 2021, 12:00 WIB
Last Updated 2021-02-03T05:09:23Z
PALI

Pemkab PALI Launching Vaksinasi Covid-19 Tahap Pertama,Kajari PALI Menjadi Orang Pertama Disuntik

Kajari PALI saat disuntik Vaksin Sinovac

Hitspali.com  PALI--Kepala Kejaksaan Negeri PALI,Marcos M Simaremare adalah orang pertama yang diberikan vaksin sinovac pada launching vaksinasi covid-19 di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),Selasa (2/2/21)


Pelaksanaan launching vaksinasi covid-19 di Kabupaten PALI sendiri dilaksanakan di Puskesmas Talang Ubi.


Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) PALI,Mudakir rencana awal pemberian vaksin sinovac pertama kali adalah Sekda PALI Syahron Nazil disusul Kapolres PALI AKBP Rizal Agus Triadi, namun setelah scrining, dua pejabat tersebut tidak masuk kriteria.


“Ada 17 kriteria yang tidak boleh diberikan vaksin, salah satunya pernah terkonfirmasi covid-19 termasuk pak Bupati.Kemudian pak Wabup berhalangan karena orangtuanya meninggal dunia.Sebagai pengganti bupati adalah pak Sekda,tetapi setelah melalui scrining pak Sekda ada penyakit bawaan.Kemudian pak Kapolres juga alami hipertensi yang pada akhirnya, pak Kajari menjadi orang pertama diberikan vaksin,” terang Mudakir.


Dijelaskannya bahwa setelah menerima vaksin,Kajari PALI harus istirahat selama 30 menit untuk mengetahui adanya efek samping atau tidak.


“Kita berikan buku catatan bagi penerima vaksin untuk mengetahui efek sampingnya.Kemudian 14 hari kedepan penerima vaksin diberikan lagi vaksin kedua.Setelah Kajari PALI,disusul kepala BPBD, Inspektur, direktur RSUD PALI serta seluruh kepala OPD dilingkup Pemkab PALI.Lalu pemberian vaksin dilanjutkan kepada tenaga kesehatan,” tukasnya.


Sementara itu,Kajari PALI akui bahwa setelah menerima vaksin tidak ada gejala efek samping yang dialaminya.


“Setelah menunggu sama 30 menit pasca pemberian vaksin, tidak ada efek samping dan sehat-sehat saja. Mudah-mudahan dengan adanya vaksinasi ini Indonesia bisa cepat terbebas dari corona,” harap Kajari.


Dalam pelaksanaan vaksinasi,setelah Kajari PALI yang disuntik vaksin, setelah itu secara bergiliran disuntik vaksin antara lain Kepala BPBD Kabupaten PALI, Junaidi Anuar, Kepala Inspektorat kabupaten PALI Kartika Yanti, staf ahli bupati Kusmayadi, Kadinkes PALI, Ketua KNPI PALI, M. Anasrul, kepala KLOK BPJS PALI, Sumini, direktur RSUD Talang Ubi, dr. Hj. Tri Fitrianti.(MC/*)