Tuesday, March 9, 2021, 19:00 WIB
Last Updated 2021-03-12T01:40:42Z
PALI

Bahas Tradisi "Belarian" RESEI PALI Ajak Seluruh Elemen Duduk Bersama

 




PALI,Hitspali.com--Dalam memperingati hari Perempuan internasional yang jatuh pada tanggal 8 Maret kemarin, RESEI (Research and Social Empowerment Institut) PALI bersama BEM STIT- Mamba'ul Hikam menggelar diskusi dengan tema meninjau kembali tradisi belarian dalam studi kasus pernikahan anak di bawah umur.Selasa (09/03/21).


Acara yang digelar di aula Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Mamba'ul Hikmah Kilometer 10 Kelurahan HandayaniMulya ini di hadiri oleh sejumlah peserta dari pelajar sekolah hingga Instasi terkait.


Menurutnya Riski Angga Putra S.sos.I.MA salah satu Direktur RESEI PALI mengatakan jika ini merupakan agenda pertama RESEI yang berkerjasama dengan BEM STIT Mamba'ul Hikam.


"Tujuannya memberikan upaya preventif terkait pernikahan anak dibawah umur dalam konsep restoratif justice demi kepentingan terbaik bagi anak-anak," kata Riski yang juga dosen di STIT Mamba'ul Hikam.


Riski berharap dengan kegiatan yang diselenggarakan oleh RESEI PALI ini dapat bermanfaat dan menjadi media pembelajaran agar anak-anak disekolah maupun di lingkungan masyarakat dapat memilih pergaulan yang baik sehingga tidak terjadinya hubungan intim yg tidak diinginkan. 



"Dengan diadakannya sarana seminar dialog interaktif yg diselenggarakan oleh RESEI ini dapat bersinergi menjalin hubungan kerja sama yang baik terkait respon kasus yg terjadi dikabupaten pali sehingga kabupaten Pali benar-benar dapat meraih kabupaten layak anak,"tandasnya


Sementara itu Nur Rochimah, S.Pd.I, perwakilan dari STIT Mamba'ul Hikam mengatakan jika pihaknya mendukung penuh dengan adanya kegiatan tersebut.


"Alhamdulillah pada saat ini kita bisa duduk bersama dari semua elemen baik dari unsur sosial, keagamaan, kesehatan. Jadi sudah sangat lengkap untuk kita meminimalisir dari  tradisi belarian yang akan menjadikan pernikahan dibawah umur,"ungkap Istri dari Pendiri STIT Mamba'ul Hikam, Ustadz M.Erlin Susri,S.Sos.I,M.Pd.I.


Narasumber yang hadir Kabid DPPPA Kabupaten PALI Kasmiati SST,Ketua Pemangku adat H.Sedi Suhardi,Kanit PPA Polres PALI Ipda Darlansyah dan Ketua Kantor Urusan Agama (KUA) Kecmatan Talang Ubi Budi Apriadi SAg.(MC)