Jumaat, April 30, 2021, 08:50 WIB
Last Updated 2021-04-30T01:50:51Z
Tips Hits

Tips Mengurangi Bau Mulut Saat Puasa


Ilustrasi


Hitspali.com--Saum atau puasa bagi orang Islam adalah menahan diri dari makan dan minum serta segala perbuatan yang bisa membatalkan puasa,mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari,dengan syarat tertentu,untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.Berpuasa merupakan salah satu dari lima Rukun Islam.

Hal yang akan muncul ketika kita tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengakibatkan bau mulut yang tak sedap.

Nah,berikut ada beberapa tips yang sudah di rangkum oleh tim redaksi hitspali.com yang mungkin bisa Anda coba untuk menghilangkan bau mulut ketika berpuasa.


1. Bersihkan mulut setelah sahur dan buka

Sikat gigi baik dilakukan menggunakan pasta gigi ber-flouride.

Tidak hanya sekadar menyikat gigi, membersihkan mulut berarti membersihkan mulut dari segala sisa makanan yang mungkin masih tersisa di sela-sela gigi.


2.Sikat gusi dan lidah

Sikat gigi tak hanya menyangkut bagian gigi depan dan dalam tapi juga lidah dan gusi.Menyikat lidah dianggap sebagai salah satu cara efektif untuk mengatasi bau mulut.Caranya, sikat lembut dan senyaman mungkin.


3. Perhatikan makanan dan minuman

Mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi saat sahur dan berbuka juga bisa menyebabkan mulut menjadi bau, lho.Pasalnya, makanan tinggi gula dapat menyebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan napas menjadi tidak segar.


4. Gunakan obat kumur

Salah satu cara mengatasi bau mulut adalah menggunakan obat kumur, gunakan obat kumur antibakteria yang di jual di pasaran.


5. Bagi pemilik gigi palsu

Untuk anda yang menggunakan gigi palsu disarankan membersihkannya menggunakan larutan antiseptik sesaat sebelum tidur.

Itu dia beberapa cara mengurangi bau mulut saat berpuasa, Selamat mencoba.(red)