Rabu, Mei 05, 2021, 09:55 WIB
Last Updated 2021-05-05T04:05:50Z
Tips Hits

8 Makan yang membantu Mengurangi Asam Lambung




Hitspali.com--Refluks asam lambung terjadi saat asam lambung yang seharusnya berada di dalam lambung, naik menuju kerongkongan. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman, seperti sensasi terbakar di ulu hati.

Refluks asam lambung dapat diatasi dengan sejumlah perawatan medis yang disertai dengan perubahan gaya hidup. Tapi, beberapa jenis makanan tertentu bisa membantu Anda mengatasi masalah ini dalam waktu singkat.

Dilansir dari suara.com, berikut ada beberapa makanan yang bisa mengurangi pembentukan asam lambung dan membantu menyeimbangkan kadar pH di dalam lambung. Dilansir melalui Healthshots, inilah 8 makanan yang dapat membantu meringankan gejala asam lambung.

1. Susu dingin
Susu dingin adalah salah satu pengobatan rumahan paling sederhana untuk mengatasi asam lambung. Jika Anda tidak intoleran terhadap laktosa, kandungan kalsium dalam susu dapat mengontrol kelebihan sekresi asam klorida, sehingga menyerap asam di perut. Susu dingin adalah penawar sempurna untuk keasaman, karena menawarkan bantuan instan dari sensasi terbakar di perut.

2. Ajwain
Ajwain atau dikenal juga sebagai biji karom adalah sejenis rempah India yang kerap digunakan dalam aneka masakan India. Rempah ini bisa jadi obat alami untuk masalah seperti refluks asam lambung. Enzim aktif dalam ajwain, dan timol biokimia membantu meringankan segala jenis masalah lambung. Caranya, cukup rendam satu sendok teh ajwain di dalam segelas air semalaman. Minum keesokan harinya sekaligus.

3. Cuka sari apel
Karena refluks asam sering kali disebabkan oleh gangguan pencernaan, minum cuka sari apel sebelum makan dapat membantu mengurangi gejala ini. Cuka sari apel juga membantu menyeimbangkan pH di lambung dengan cara menetralkan asam lambung. Campur 1-2 sendok makan cuka sari apel mentah dalam secangkir air, dan diminum sekali sehari.

4. Daun kemangi
Daun kemangi memiliki sifat menenangkan dan dapat meredakan sensasi terbakar akibat kelebihan asam lambung. Daun kemangi dapat dikonsumsi begitu saja, atau Anda juga bisa merendamnya di dalam segelas air dan meminumnya secara teratur.

5. Biji adas
Biji adas membantu meredakan asam lambung dan rasa mulas, sehingga mengurangi gejala kembung dan sakit perut.

6. Buah selain jeruk
Buah-buahan selain jeruk, seperti pisang, apel, semangka, dan melon adalah buah dengan keasaman yang rendah. Buah-buahan ini adalah yang terbaik untuk meredakan refluks asam lambung. Selain itu, buah juga kaya serat yang membantu memerangi ketidaknyamanan perut.

7. Air kelapa
Air kelapa tanpa pemanis adalah pilihan bagus untuk penderita refluks asam lambung. Tingkat pH tubuh Anda berubah dari asam menjadi basa saat Anda minum air kelapa. Itu karena kandungan elektrolitnya, seperti kalium, mampu mengendalikan refluks asam.

8. Jahe
Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami yang membantu meredakan gangguan pencernaan dan rasa mulas. Dapat juga mengurangi asam lambung yang mengalir ke kerongkongan, dan menenangkan perut. Anda bisa menambahkan jahe ke dalam berbagai hidangan atau tambahkan ke secangkir teh. Anda juga bisa mengunyah seiris jahe segar.

Sumber : suara.com