Ahad, September 19, 2021, 08:27 WIB
Last Updated 2021-09-19T13:18:08Z
PALI

SMK BINA BHAKTI ABAB,Siap Lahirkan Asisten Keperawatan yang Berkompeten


SMP dan SMK Bina Bhakti berada di satu naungan dibawah Yayasan Al-Dhaifullah Bina Bhakti

Hitspali.com --Jurusan asisten keperawatan merupakan program yang bertujuan untuk menghasilkan tenaga ahli dalam asistensi keperawatan yang terampil dan kompeten di bidang pelayanan dasar keperawatan khususnya pemenuhan kebutuhan dasar manusia. Lulusan dari jurusan keperawatan diharapkan dapat memfasilitasi perawatan individu, keluarga, masyarakat, sehingga mereka dapat mencapai, mempertahankan, dan memulihkan kondisi kesehatan yang optimal dan kualitas hidup yang prima.

Apa lagi saat ini cukup banyak rumah sakit baru yang didirikan hampir di seluruh wilayah Indonesia guna menunjang program pemerintah yaitu meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Setiap rumah sakit yang baru berdiri,sudah pasti akan mencari tenaga kerja baru yang memahami bidang kesehatan. Ini merupakan peluang yang sangat bagus bagi para lulusan SMK dengan komptensi keahlian Keperawatan untuk bekerja menjadi tenaga kesehatan level menengah di rumah sakit. 

Selain itu, para lulusan keperawatan juga bisa memberi layanan jasa home care tanpa harus bekerja di rumah sakit maupun klinik. Peran seorang perawat sangat penting dalam dunia kesehatan. Kesehatan juga tidak hanya soal fisik tetapi juga mental. Di dunia kesehatan, perawat penting mulai dari upaya pencegahan sampai pemulihan masalah kesehatan.Tidak hanya itu, perawat juga berperan dalam berbagai situasi mulai dari bencana, gawat darurat, dan hingga melakukan perawatan dengan pendekatan multibudaya.

Di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sendiri kini memiliki SMK yang memiliki jurusan Asisten Perawatan (ASPER) yaitu SMK Bina Bhakti Abab yang berada di bawah Yayasan Al-Dhaifullah Bina Bhakti Desa Betung Barat Kecamatan Abab.

Ernawati M.kes Ketua Yayasan Al-Dhaifullah Bina Bhakti Abab

Ernawati M.kes Ketua Yayasan Al-Dhaifullah Bina Bhakti mengatakan jika SMK yang berada di bawah naungan yayasannya yang ia pimpin siap melahirkan siswa-siswi  yang berkompeten di bidangnya.

"Tugas utama perawat adalah memberi layanan kepada pasien dengan tindakan keperawatan yang sesuai dengan jenis penyakit yang dideritanya karena setiap pasien dengan penyakit tertentu akan berbeda perlakuannya dengan pasien dengan penyakit lainnya.Karena itu, peserta didik di SMK Bina Bhakti jurusan Keperawatan tidak hanya mempelajari bagaimana merawat pasien, melainkan juga mempelajari berbagai macam jenis penyakit yang umum diderita masyarakat,bahkan kami memberikan kesempatan siswa untuk memperaktekan langsung dengan pengawasan dewan gurunya,"ungkap Ernawati saat di jumpai beberapa waktu yang lalu.

Namun demikian,menurut Ernawati masih minimnya informasi terkait sekolah kejuruan asisten perawat ini membuat sekolah kejuruan tersebut masih kurang diminati.

"Semua lulusan SMK dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di perguruan tinggi jika ingin menambah pengetahuan, wawasan serta kompetensinya agar kelak menjadi tenaga profesional yang handal,"terang wanita yang juga menjabat sebagai Kasi Yankes Primer di Dinas kesehatan Kabupaten PALI.

Siswa SMK Bina Bhakti Abab,jurusan Asisten Keperawatan sedang melakukan praktek

Ditambah Ernawati,umumnya para lulusan SMK yang melanjutkan ke perguruan tinggi dengan pilihan jurusan yang sesuai dengan kompetensi keahliannya saat di SMK akan lebih berprestasi dan lebih terampil, karena di SMK telah mempelajari mata pelajaran produktif yang disesuaikan dengan kompetensi keahliannya masing-masing.

"Artinya,setiap lulusan SMK sudah memiliki basic/dasar pengetahuan sesuai dengan bidangnya masing-masing yang kemudian dikembangkan saat kuliah,"tandasnya.

Nah buat kamu yang berminat untuk melanjutkan pendidikan sekolah kejuruan,Hitspali.com merekomendasikan SMK BINA BHAKTI ABAB yang beralamat di jalan raya Desa Betung Barat Kecamtan Abab Kabupaten PALI menjadi salah satu pilihan kamu.Karena selain jurusan Asisten Keperawatan,SMK yang berada dibawah  naungan Yayasan Al-Dhaifullah Bina Bhakti juga membuka jurusan Teknik Jaringan Komputer.(dan)