Friday, September 24, 2021, 17:27 WIB
Last Updated 2021-09-24T10:27:49Z
PALI

Teken Mou Kerjasama di Tiga Provinsi, STIT Mamba'ul Hikam PALI Siap Bersaing dengan Perguruan Tinggi Lain

(foto dok.pribadi)

PALI.Hitspali.com ---Tingkatkan kerja sama dalam bidang Tri Darma perguruan tinggi,sebanyak 5 orang jajaran Kepengurusan dan Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mamba'ul Hikam PALI melakukan studi banding dan penandatanganan MOU  ke 3 Provinsi yakni Sumatera Selatan(Ogan Ilir, Baturaja, Lubuklinggau), Lampung (Kota Bumi, Way Kanan) dan Bengkulu (Bengkulu Kota dan Kabupaten Manna), yang mana kegiatan tersebut dilaksanakan dalam kurun waktu 7 hari berturut-turut (18 hingga 24 September 2021).

KH. Dr. M. Erlin Susri, S.Sos.I., M.Pd.I Ketua STIT Mamba'ul Hikam PALI mengatakan bahwa ini adalah upaya kesungguhan STIT Mamba'ul Hikam PALI untuk menunjukkan bahwa Satu-satunya Perguruan Tinggi Islam yang ada di kabupaten PALI, mampu bersaing meski usia STIT Mamba'ul Hikam PALI ini masih tergolong sangat muda . 

"Untuk itu dalam meningkatkan program-program dari pada P2M yang diketuai oleh bapak Alip Kamaron, M.Pd dan P3M diketuai oleh bapak Riski Angga Putra, S.Sos.I., M.A. tidak lain hanyalah untuk mensosialisasikan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Mamba'ul Hikam PALI ke tiga provinsi tersebut,tentunya tidak lepas dari pada membawa dan mengenalkan kabupaten PALI,serta bagaimana STIT Mamba'ul Hikam PALI ini bisa sejajar.Syukur-syukur bisa lebih baik dari perguruan tinggi swasta yang ada di Sumatera Selatan,"ujar pria yang akrab disapa Kyai Erlin.

Ditambah Kyai Erlin,dirinya sangat optimis jika STIT Mamba'ul Hikam PALI mampu bersaing dengan perguruan tinggi lain.


"Kalau kita mampu kenapa tidak, meskipun STIT Mamba'ul Hikam PALI baru berusia 2,5 Tahun,namun 'itikat kita harus kuat dan berlari kencang untuk menyesuaikan diri serta beradaptasi dengan perguruan tinggi yang sudah lama berdiri,"tandasnya.

Sementara itu Riski Angga Putra, S.Sos.I., M.A. Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STIT Mamba'ul Hikam PALI mengatakan,bahwa selain mengenalkan STIT Mamba'ul Hikam PALI,Kegiatan tersebut juga lebih tepatnya sharing informasi.

"Kegiatan ini juga terkait dengan peningkatan,pengembangan pengetahuan dan informasi dalam ruang lingkup penelitian,serta pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,"terang Riski yang juga mempelopori kegiatan tersebut.

Riski juga menambahkan bahwa kehadiran STIT Mamba'ul Hikam PALI ini adalah mahkota emas bagi pimpinan kepala daerah Karena peran Akademisi melalui research dapat membantu pemikiran-pemikiran pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di kabupaten PALI.

Kegiatan studi banding ini juga mendapat sambutan hangat,salah satunya oleh Ketua STIT Al-Quraniyah Kabupaten Manna,Rizki Ramadhani, M.Pd.I beserta para Devisi Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Pada kesempatan ini, beliau menyampaikan dan memaparkan secara langsung terkait dengan informasi dan hal-hal penting yang menjadi bagian utama dalam pengembangan suatu Unit atau Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang harus disusun dan dilengkapi guna terlaksana dan tercapainya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Seperti Standar Operasional dan flow chart penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, panduan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, formulir dan surat pernyataan yang diperuntukkan bagi peneliti dan pelaksana pengabdian kepada masyarakat hingga kepada kelengkapan bukti publish jurnal penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat yang akan digunakan sebagai salah satu syarat kelengkapan dokumen dalam penilaian angka kredit bagi Dosen peneliti maupun pengabdian kepada masyarakat,"terangnya.

Ia pun berharap dengan dilaksanakaannya studi banding ini akan terjalin hubungan kerjasama yang baik.

"Semoga kedepannya STIT Mamba'ul Hikam PALI akan semakin sukses dan maju terlebih menjadi kampus kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir "tutupnya.(rki)