Sabtu, Oktober 02, 2021, 18:25 WIB
Last Updated 2021-10-02T11:25:52Z
PALI

Perkembangan Batik PALI di Hari Batik Nasional

Salah Satu Batik Kabupaten PALI,Batik Motif Mantang Balam 

Hitspali.com -- Hari Batik Nasional diperingati oleh seluruh masyarakat Indonesia setiap tanggal 2 Oktober.

Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang berbentuk kain dengan motif warna-warni.

Peringatan Hari Batik Nasional ini diperoleh dari pengakuan dunia pada 2009 oleh Serikat Bangsa Pendidikan Ilmiah dan Budaya Organisasi (UNESCO).

Organisasi dunia memastikan batik sebagai warisan budaya dunia Intangible Cultural Heritage (ICH). Yaitu warisan budaya tidak berakhir di monumen dan koleksi benda-benda.

Di Indonesia sendiri,hampir semua daerah memiliki batiknya sendiri.Salah satunya di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan.

Beberapa koleksi Batik PALI (Foto istimewa)




Di Motori oleh Ketua TP PKK PALI dan ketua Dekranasda Kabupaten PALI,Ir.Hj.Sri Kustina.Batik PALI mengalami kemajuan pesat,hingga batik PALI mempunyai motif sendiri yang menjadi ciri khas kabupaten PALI,salah satunya batik Candi.

Bahkan untuk menumbuh kembangkan Batik di Kabupaten PALI,Dekranasda PALI mengirimkan beberapa perajin batik untuk mengikuti pelatihan.

Perajin Batik PALI dan Mel Ahyar team



Seperti beberapa waktu yang lalu perajin Batik asal Pali mendapatkan Pelatihan Kerajinan Batik Khas Sumatera Selatan Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dekranasda Provinsi Sumsel,di Gedung Wanita Sriwijaya Palembang dari 28 hingga 30 September 2021.

Radikal (27) salah satu perajin batik asal PALI mengatakan jika dirinya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pelatihan.

"Sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk menambah ilmu,apa lagi pematerinya seorang desaier yang cukup terkenal yaitu mbak Mel Ahyar  yang memang sedang giat-giatnya dalam memadukan batik dengan fashion,"ungkap Radikal.

Foto bersama usai pelatihan 


Radikal pun berharap dengan ilmu yang di peroleh dalam pelatihan tersebut,mampu Ia kembang untuk kemaju batik di PALI.

"Semoga dengan ilmu yang diperoleh dalam pelatihan ini,mampu kami kembangkan untuk kemajuan batik di kabupaten PALI,"tandasnya.(MC)