Sabtu, November 20, 2021, 19:59 WIB
Last Updated 2022-08-15T09:58:00Z
NasionalPALISumsel

Mengenal Lebih Dalam Profesi Social Media Specialist

Ilustrasi



Hitspali.com - Dengan tren penggunaan media sosial saat ini yang cukup tinggi,telah mendongkrak profesi sebagai Social Media Specialist menjadi profesi yang menjanjikan. 


Gaji yang ditawarkan untuk Sosial Media Specialist terbilang sangat lah besar,oleh karena itu,banyak perusahaan yang tengah berkembang membutuhkan seorang ahli di bidang tersebut.


Melansir dari Suara.com, seorang Social Media Specialist di tingkat entry level akan digaji sesuai UMK masing-masing wilayah hingga kisaran Rp3 juta. 


Jika keahlianmu sebagai Social Media Specialist sudah diakui, gaji bisa meningkat hingga Rp7 juta atau bahkan lebih. Kendati demikian, menjadi seorang Social Media Specialist tidak semudah bermain dengan media sosial pribadi.


Social media specialist harus mampu merencanakan strategi dalam menjalankan media sosial yang didasarkan atas riset pasar, pemilihan platform yang sesuai dengan target market produk, brand value, dan target konsumen yang terukur.


Selain itu, seorang Social Media Specialist juga harus memiliki beberapa skill. Di samping merencanakan strategi menjalankan media sosial, profesi ini harus memiliki kemampuan copywriting.


Kemampuan ini berguna untuk membuat, menyunting, serta mempublikasikan konten berupa tulisan, gambar, atau video. Kemampuan lainnya yang dibutuhkan adalah analis data.


Seorang Social Media Specialist harus jeli melihat data mengenai keterikatan pengikut terhadap produk yang mereka lihat dari media sosial.


Analisis data ini bisa didasarkan pada jumlah like, reach, atau penambahan follower dalam jangka waktu tertentu. Apabila tidak tertarget, Social Media Specialist juga harus bisa mengubah strategi dan melakukan evaluasi pekerjaannya.


Dalam hal ini, kreativitas dan berpikir kritis sangat dibutuhkan agar media sosial sebagai salah satu bagian dari strategi marketing bisa mendatangkan keuntungan sesuai yang ditargetkan.


Selanjutnya, kehalian lainnya yang diperlukan yakni memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Karena mereka harus memegang lebih dari satu tools sosial media. 


Di samping itu, Social Media Specialist juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat untuk mengunggah konten di sosial media.


Bagi kamu yang tertarik dengan profesi ini, jangan khawatir karena seorang Social Media Specialist pun memiliki jenjang karier atau mutasi peran yang membuat pekerjaanmu tidak monoton.


Setelah menjadi seorang Social Media Specialist kamu juga bisa merambah sebagai marketing analyst, brand manager, hingga creative director.


Sumber : Sukabumiupdate.com