Rabu, Disember 01, 2021, 10:46 WIB
Last Updated 2021-12-01T03:46:18Z
NasionalPALISumsel

Kembangkan Potensi Pengrajin Anyaman Bambu,Dekranasda PALI Gelar Pelatihan

Foto bersama dengan peserta pelatihan


Pringsewu,Hitspali.com--Sebanyak 10 pengrajin anyaman bambu dari lima Kecamatan di Kabupaten Penukal Abab Lematang ilir (PALI) mengikuti kegiatan pelatihan yang dipusatkan di dusun Yogya Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu Lampung.

Acara yang di laksanakan dari tanggal 24 November sampai dengan 3 Desember 2021 tersebut di prakarsai oleh Dinas perdagangan dan perindustrian Kabupaten PALI melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten PALI dengan instruktur  pengrajin anyaman bambu profesional Suyatno.

Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten PALI saat memberikan arahan kepada peserta


Ketua Dekranasda Kabupeten PALI Ir.Hj.Sri Kustina melalui ketua harian Ida Martini,SP mengatakan kegiatan pelatihan kali ini di fokuskan pada pembuatan motif.

"Dipilihnya pengrajin anyaman bambu karena melihat dari sumberdaya yang tersedia di Kabupaten PALI l,bambu mudah ditemui sehingga sangat mendukung program kerajinan tersebut.Dalam satu batang bambu bisa dibuat kerajinan yang lumayan banyak.Itu lah alasan kenapa diarahkan ke kerajinan bambu," Kata Ida Martini disela-sela pembukaan pelatihan anyaman bambu,Kamis (24/11/21).

Saat pelaksanaan pelatihan


Ia pun berharap kepada para peserta pelatihan,agar benar-benar manfaatkan semaksimal mungkin pelatihan tersebut untuk nantinya bisa di kembangkan di kabupaten PALI

"Semoga nantinya ketika selesai mengikuti pelatihan,para pengrajin mampu mengembangkan ilmu yang di dapat dan terutama mampu meningkatkan taraf hidup mereka,"ujar wanita yang juga menjabat sebagai plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten PALI.

Hasil kerajinan para peserta


Sementara itu Nurul Aisyah salah satu peserta yang mengikuti pelatihan mengatakan jika dirinya sangat bersyukur diberikan kesempatan mengikuti pelatihan anyaman bambu.

"Alhamdulillah kami diberikan kesempatan mengikuti pelatihan ini dan nantinya apa yang kita dapat disini akan kami kembangkan,sehingga nantinya PALI mempunyai motif atau desain sendiri anyaman bambu khas kabupaten Pali,"ujar gadis yang berasal dari kecamatan Abab tersebut.(ril)