Khamis, Disember 16, 2021, 19:51 WIB
Last Updated 2021-12-16T12:51:12Z
IndonesiaPALEMBANGSumsel

Relawan Ambulance Terlahir Atas Dasar Kemanusiaan

Sumsel Darussalam Rescue Ambulance (SDRA).



HITSPALI.COM,Palembang - Sering kali terlihat pengendara motor yang memandu ambulans untuk membelah kemacetan di kota-kota besar, salah satunya Kota Palembang. Namun, aksi relawan ini justru dianggap sangat membantu melancarkan prioritas ambulans dijalan raya.

Organisasi pemandu ambulans sipil ini bernama Sumsel Darussalam Rescue Ambulance (SDRA).Komunitas ini sudah memiliki banyak anggota di beberapa daerah wilayah Sumatera Selatan.

Ketua Umum SDRA, Pebi mengatakan Organisasi ini berdiri karena adanya rasa simpatisme dan rasa kemanusiaan untuk membantu dan memandu kelancaran ambulans agar pasien cepat tiba di rumah sakit tujuan.

"Perihal masalah Stabdar Operasional Prosedur (SOP), SDRA sendiri sudah memiliki AD/ART, dimana salah satunya adalah bagi SOP pemanduan yang harus dipatuhi oleh kepengurusan atau anggota SDRA, yaitu selama pemanduan tidak boleh melakukan aksi arogan dan harus menghargai sesama pengguna jalan.

Komunitas ini sudah memiliki banyak anggota di beberapa daerah wilayah Sumatera Selatan



Pebi juga menambahkan sejauh ini para driver ambulans merasa terbantu dengan adanya pemanduan yang telah dilakukan oleh para anggota SDRA dan apabila ada anggota SDRA yang melanggar aturan dengan melakukan pemanduan yang arogan, maka kepengurusan akan mengeluarkan sanksi untuk anggota yang melanggar.

"Alhamdulilah kita selalu berkoordinasi dengan driver ambulans untuk pemanduan ambulans, terutama ambulans yang tujuan ke rumah sakit yang ada di kota palembang, apalagi ambulans nya masuk sudah jam kerja atau jam pulang,"lanjut Pebi.

SDRA tidak pernah meminta imbalan dalam bentuk apapun karena memang jelas mereka membantu dari hati dan berbuat tanpa imbalan.

"Kami ada karena memang ada panggilan hati dan rasa kemanusiaan dari teman teman untuk membantu lancarnya ambulans, dan kami tidak berharap, karena kami berbuat tanpa imbalan,"tutupnya.(dan)