Saturday, January 15, 2022, 11:52 WIB
Last Updated 2022-01-22T05:00:55Z
PALI

Tips Memilih Motif Batik yang Cocok untuk Hijabers

Salah satu Koleksi Dekranasda PALI


Hitspali.com -- Baju batik identik dengan baju formal untuk ke acara-acara resmi, seperti pesta pernikahan atau acara kantor. Bahkan, kini batik juga sudah didesain menjadi pakaian muslim untuk para hijaber.

Memiliki corak ramai dan warna yang kuat, batik memang cukup sulit dipadu-padan. Terlebih bagi hijaber, padu padan yang diperlukan bukan sekadar mix 'n match atasan dan bawahan, tapi juga jilbab. Tapi bukan berarti batik tak bisa jadi pilihan untuk kamu para hijaber, lho.

Dilansir dari suara.com buat kamu para hijaber yang tertarik memakai batik, baik untuk acara formal maupun keseharian, simak tips padu padan batik berikut dari desainer batik Amanda Hartanto.

1. Pilih model loose atau longgar

Busana untuk hijaber harus bermodel loose alias longgar. Selain tidak menampilkan lekuk tubuh, outfit yang longgar juga mempermudah kamu bergerak.

"Sebenarnya tidak ada patokan khusus, yang jelas harus lebih loose, seperti outer dengan celana panjang itu juga sudah bagus," ungkap Amanda beberapa waktu lalu di Jakarta.

2. Pilih satu outfit berbahan batik, dan kombinasikan dengan bahan lainnya

Jangan memaksakan diri mengenakan gamis atau tunik yang seluruhnya berbahan batik, karena kamu akan terlihat 'ramai'. Pilih satu outfit berbahan batik, misalnya celana panjang, outer, atau bahkan sekadar blus sebagai dalaman.

"Nggak melulu kaftan atau gamis, sebetulnya yang lebih sophisticated itu bisa. Kita bisa gabung dengan outer, atau celana digabung atasan pendek kemudian dikasih syal atau lain dan sebagainya," jelasnya.

3. Pilih warna basic

Dalam penggunaan batik, penting untuk memikirkan warna basic atau warna dasar. Saat memiliih batik, pilihlah warna-warna nude atau warna natural, seperti cokelat, krem, putih, hitam, hijau coral, sehingga cocok dipadankan dengan warna apapun.

"Untuk hari raya, misalnya, warna nude batch warna earth color itu lebih masuk terutama untuk Idul Fitri," katanya.

4. Kenakan jilbab polos

Corak batik yang ramai sebaiknya kamu padankan dengan jilbab polos yang memiliki warna senada dengan bajumu. Misal jika warna dasar batik kamu adalah merah, kamu bisa pilih jilbab warna merah bata untuk menciptakan gradasi yang lembut. Atau kalau kamu lebih suka bermain aman, kenakan jilbab hitam


Sumber : Suara.com