Sunday, January 16, 2022, 17:45 WIB
Last Updated 2022-01-22T10:53:54Z
PALI

Melestarikan Tradisi Sedekah Dusun di Kabupaten PALI

PALI,Hitspali.com --- Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Ir H Heri Amalindo MM menghadiri acara sedekah dusun dan Istighosah bersama di Desa Prambatan kecamatan Abab kabupaten PALI, Minggu (16/1/22) yang  dihadiri Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru diwakilkan Kepala Biro Pemerintahan Dr Sri Sulastri serta Ketua PCNU kabupaten PALI Dr Kyai M Erlin Susri. 

Dalam kesempatan itu Heri Amalindo berpesan kepada seluruh masyarakat agar terus bahu membahu membangun daerah supaya lebih maju demi kesejahteraan masyarakat. 

"Dengan adanya persedekahan adat ini diharapkan agar seluruh masyarakat Prambatan khususnya dan masyarakat PALI umumnya untuk meningkatkan sodakoh dan saling bahu membahu membangun daerah agar di jauhkan dari mara bahaya baik dari bumi maupun lautan agar masyarakat dapat beraktivitas dengan aman. Diharapkan juga agar persedekahan adat ini dapat berlanjut setiap tahunnya," pesan Bupati. 

Sementara itu, Kepala Desa Prambatan Armansol menyebut persedekahan adat ini merupakan agenda tahunan setelah menjelang panen raya yang rutin dilakukan oleh masyarakat Desa Prambatan, namun memang sempat tertunda beberapa tahun karena wabah Covid-19. 

"Dalam persedekahan adat ini kita melakukan Dzikir & Doa bersama agar kita terhindar dari penyakit dan wabah terutama wabah yang sedang melanda Dunia ini yaitu Covid-19," terang Kades. 

Ditempat sama, Dr Sri Sulastri menyampaikan permohonan maafnya karena Gubernur Sumsel yang tidak sempat hadir. Namun menurut Dr Sri Sulastri gubernur mengapresiasi kegiatan sedekah dan zikir tersebut. 

"Dengan sedekah dan zikir ini memohon perlindungan dari Allah SWT dan semoga terhindar dari wabah Covid-19 ini agar kegiatan-kegiatan seperti sedekah adat ini dapat berlanjut setiap tahunnya. Harapan kami akan membawa manfaat dan berkah bagi kita dan perlindungan bagi kita warga PALI agar terhindar segala bentuk penyakit, sehingga kita dapat membangun desa prambatan ini agar sejahtera untuk kita semua," harapnya. (Dan)