Isnin, Februari 07, 2022, 21:23 WIB
Last Updated 2022-02-07T14:23:54Z
PALI

Insentif Tak Kunjung Cair,RT dan RW se-Kecamatan Talang Ubi Curhat Ke DPRD


PALI,Hitspali.com-- Puluhan ketua Rukun Tetangga dan Warga se-Kecamatan Talang ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) mendatangi kantor DPRD setempat,Senin,7 Februari 2022.

Kedatangan sejumlah RT/RW tersebut merupakan buntut dari belum jelasnya insentif selama satu tahun setengah yang harus mereka terima.

"Kami terakhir menerima insentif tahun 2020.Selama tahun 2021 hingga sekarang, insentif tersebut tidak kami terima lagi. Alasannya, karena pemangkasan akibat covid-19. Namun kami tidak menerima pemberitahuan terkait itu. Jika minggu depan, mediasi dengan Pemkab PALI, tidak ada solusi maka kami akan melakukan aksi ke Pemkab PALI. Tuntutan kami jelas, yakni minta insentif atau gaji kami dibayar," kata Rahman ketua RW 05 Kelurahan Handayani Mulya, saat dibincangi sejumlah media.

Menurut Rahman bahwa dirinya beserta seluruh ketua RT dan ketua RW yang ada di enam kelurahan di Kecamatan Talang Ubi,sudah satu tahun enam bulan belum menerima gaji atau insentif dari Pemerintah kabupaten PALI.Ia menjelaskan nominal insentif yang diterimanya setiap bulan,untuk RW menerima insentif sebesar Rp 500 ribu per bulan sementara untuk Ketua RT menerima insentif sebesar Rp 400 ribu per bulan.

Terkait keabsahan dirinya dan ketua-ketua RT dan RW lainnya,Ia memastikan pihaknya memiliki Surat Keputusan (SK) yang jelas dan memiliki dasar.

"Memang di SK tersebut,tidak dijelaskan nominal insentif yang diterima.Namun, biasanya sejak dahulu kami memiliki insentif dari pemerintah," tutupnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD PALI, H. Asri AG menerangkan alasan tidak dibayarkan dana insentif RT dan RW, berdasarkan penjelasan dari Pemkab PALI, disebabkan karena tidak dianggarkan oleh Pemkab PALI pada tahun anggaran 2021.

"Untuk lebih jelasnya, kita tunggu hingga minggu depan, kenapa insentif RT dan RW tidak masuk dalam APBD Kabupaten PALI tahun anggaran 2021. Untuk dasar, mereka (RT dan RW, red) memiliki dasar SK, baik ada yang SK dari Camat maupun SK dari Bupati PALI. Kita tunggu saja pertemuan minggu depan," kata Asri didampingi Wakil Ketua I DPRD PALI, Irwan, ST dan Anggota Komisi I DPRD, Rommy Suryadi, Amd. 

Ia berharap, para ketua RT dan ketua RW tidak melakukan aksi unjuk rasa. Karena, dijelaskan politisi PDIP itu, semua bisa diselesaikan dengan kepala dingin tanpa harus ada unjuk rasa. 

"RT dan RW merupakan ujung tombak dari pelaksanaan pemerintahan. Jadi, kami berharap pemerintah juga bisa memberikan solusi terbaik terkait tuntutan mereka,"pungkasnya. 

Dalam pertemuan tersebut tampak hadir juga,Asisten 1 Setda Kabupaten PALI,Kepala DPMD, Plt.Kepala DPKAD, dan sejumlah anggota DPRD PALI.