Sunday, May 29, 2022, 09:22 WIB
Last Updated 2022-07-18T15:58:10Z
Sports

Mantapkan Tim untuk Mengarungi Liga Santri 2022,Laskar Ababil MH Gelar Pertandingan Eksebisi

PALI,Hitspali.com ---Jelang bergulirnya Liga Santri 2022,Tim sepakbola Laskar Ababil yang akan mewakili Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar pertandingan persahabatan dengan anggota Koramil 404-03 Talang Ubi, Jum'at (27/5/22) di lapangan sepak bola Sumberjo,Kelurahan Talang Ubi Utara.

Manager sekaligus ketua yayasan pondok pesantren Mamba'ul Hikam PALI Moch.Erlin Susri,S.Sos.I,. M.Pd.I, mengatakan pertandingan persahabatan tersebut merupakan guna melihat kesiapan tim Laskar Ababil dalam mengarungi Liga Santri 2022.

"Pola kompetisi Liga Santri nantinya akan diawali dengan penyisihan dari tingkat kabupaten atau kota dan Kabupaten PALI akan diwakili oleh Tim Laskar Ababil,"Kata Kyai Erlin.

Kyai Erlin juga berharap adanya dukungan pemerintah dan masyarakat kabupaten PALI agar tim Laskar Ababil mampu berbicara banyak di Liga Santri 2022.

"Kita doakan semoga tim ini akan mampu sampai melaju ketingat nasional,sukur-sukur para pemainnya bisa direkrut menjadi pemain timnas,"tutupnya.

Sekedar informasi Liga Santri 2022 kembali akan digelar setelah sebelumnya sempat terhenti karena pandemi covid 19.Kali ini, PSSI yang bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat sepakat memberi tajuk turnamen ini dengan Piala KSAD Liga Santri PSSI 2022.

Pola kompetisi Liga Santri nantinya akan diawali dengan penyisihan dari tingkat kabupaten atau kota mulai 20 Juni hingga 30 Juli mendatang. 
Rencananya, Liga Santri akan memakan waktu empat sampai enam bulan,dan diharapkan selesai tahun ini.

Selanjutnya para klub santri dari setiap kabupaten/kota akan bersaing untuk tingkat provinsi.Nantinya kelanjutan liga tersebut akan digelar pada Agustus hingga September sebelum ke tingkat nasional yang berakhir pada Oktober nanti.

Format kompetisi ini menggunakan home tournament dengan sistem setengah kompetisi.Sebanyak 34 klub juara provinsi akan dipilih untuk melenggang ke tingkat nasional dengan tambahan enam klub sebelumnya.

Perlu diketahui banyak jebolan pesantren yang telah memperkuat Timnas Indonesia saat ini seperti Asnawi Mangkualam, Witan Sulaeman, Dedik Setiawan, Nadeo Argawinata, hingga Evan Dimas. Parade pesantren di Indonesia rupanya juga memiliki banyak talenta muda berbakat.

Liga Santri ini telah digelar sejak 2015 lalu. Salah satu alumnus liga ini adalah Rafli Mursalim yang pernah membela Timnas Indonesia U-19 pada Piala AFF 2017 lalu.(dan)