Isnin, Jun 27, 2022, 07:03 WIB
Last Updated 2022-07-17T15:44:40Z
BisnisKulinerPALITravel & Food

Warga Talang Baru Ciptakan Jajanan Berbahan Baku Manggalo

 

Jajanan Berbahan Manggalo (foto : dok.hitspali.com)

PALI,Hitspali.com -- Manggalo atau ubi merupakan bahan baku makanan yang berasal dari jenis umbi-umbian,juga terdapat beberapa jenis ubi yang terdapat di Indonesia,antara lain ubi ungu,ubi Cilembu,ubi madu,ubi putih dan sebagainya.



Nah, ditangan Maryadi atau mang madot warga Talang Baru, kelurahan Talang Ubi Barat Kecamatan Talang Ubi,Manggalo disulap menjadi olahan makanan yang menjadi varian baru seperti Wajik Manggalo,Dodol Manggalo,cengkau Manggalo,dan Kripik Pangsit Manggalo.



"Sebagai pembuat pertama makan dari bahan baku ubi kayu dan ubi rambat seperti wajik manggalo,dodol manggalo,cengkau Manggalo,dan kripik pangsit manggalo,"ucap mang Madot disela-sela kunjungan kepala dinas Koperasi dan UKM serta kepala dinas perdagangan dan perindustrian di kediamannya,Senin (27/6/22).



Menurut mang Madot terbesitnya idea untuk membuat beberapa makanan varian baru tersebut dikarenakan begitu mudah didapatnya bahan baku seperti Manggalo di wilayahnya.



"Bahannya banyak disekitar kita,harapnya mudah-mudahan jajanan ciri khas PALI ini bisa diminati,baik itu masyarakat lokal maupun masyarakat luar kabupaten PALI,"tuturnya.

Kunjungan Kadiskop dan UKM dan Kadisperdagpren Kabupaten PALI (Foto : dok.hitspali.com)


Sementara itu Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten PALI, Raden Abdur Rahman,S.Pd.,M.Pd mengapresiasi usaha yang dirintis oleh Mang madot karena keunikan bahan baku dan rasa yang berbeda dari jajanan yang serupa.



"Kami mendukung sekali karena sudah memunculkan varian baru yang akan menjadi oleh-oleh khas Kabupaten PALI,"Katanya didampingi Plt.kadisdapren Teguh Eko Sutrisno.



Selain jajanan berbahan baku Manggalo seperti wajik manggalo,dodol manggalo,cengkau manggalo,dan kripik pangsit manggalo,mang Madot juga  membuat bumbu kacang untuk kuah lontong dengan berbahan manggalo.



Gimana hiters, tertarik mencicipi jajanan khas Kabupaten PALI yang berbahan ubi atau Manggalo ini,kamu langsung saja berkunjung ke kediaman Mang Madot di bilangan Talang Baru,kelurahan Talang ubi Barat Kecamatan Talang Ubi Kabupaten PALI.



Selain dijamin lezat jajan khas Bumi Seribu Puyang yang berbahan Manggalo ini tak membuat kantong Kamu jebol,loh.Selamat mencicipi.(red)