Selasa, Ogos 23, 2022, 12:26 WIB
Last Updated 2022-08-24T00:31:27Z
EventHUT RIPALITrending

Lestarikan Budaya Daerah,Disbudpar PALI Gelar Pentas Seni

Acara dipusatkan di lapangan Ampera Pendopo (Foto:dok.oca)

PALI, Hitspali.com-- Bupati PALI, DR. Ir. H. Heri Amalindo, MM yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah PALI, Kartika Yanti, SH MH membuka pentas seni yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kabupaten PALI, Selasa (23/8/2022).


Kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Ampera Kelurahan Talang Ubi Barat, kecamatan Talang Ubi, bekerjasama dengan Dewan Kesenian kabupaten PALI. Serta dihadiri oleh Ketua Pemangku Adat, H. Sedi Suhardi, perwakilan koramil Talang Ubi, Camat dan lurah se-kabupaten PALI serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.


Plt. Kadisbudpar PALI, Novita Febrianti, menerangkan bahwa kegiatan yang digelar merupakan amanat undang-undang tentang melestarikan kebudayaan. Selain itu, kegiatan yang mengangkat tema Dengan Semangat Proklamasi Kita Lestarikan Kesenian dan Budaya Khas Kabupaten PALI digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-77 tahun 2022.


"Tujuan digelarnya pentas seni dan budaya tentunya untuk melestarikan kebudayaan khususnya aspek seni dan lisan. Serta menciptakan generasi muda yang bangga dan aktif dalam melestarikan budaya kabupaten PALI," ujar Novita dalam sambutannya.


Tercatat ada dua kategori yang dilombakan, yaitu lomba tari tradisional dan lomba senjang. 


"Untuk senjang ada 10 grup yang berasal dari tiga kecamatan yakni Talang Ubi, Abab dan Penukal Utara. Untuk lomba tari tradisional ada 11 grup yang berasal dari lima kecamatan," tambahnya. 


Di tempat yang sama, Ketua Dewan Kesenian Kabupaten PALI, Drs. Arpan Manaman berharap melalui kegiatan ini bisa menggali potensi budaya yang ada di kabupaten PALI. 


"Terus menggali potensi-potensi budaya agar bermanfaat untuk kabupaten PALI," ucapnya. 


Sementara itu, Sekda PALI meminta melalui kegiatan ini, bisa mengembangkan seni dan budaya yang ada di kabupaten PALI. 


"Serta yang paling penting adalah, motivasi pemuda pemudi PALI agar menjaga keragaman budaya yang ada sebagai bentuk kecintaan kita terhadap kabupaten PALI," tukasnya. (Red)