Selasa, Januari 03, 2023, 19:01 WIB
Last Updated 2023-01-03T12:01:45Z
BisnisDaerahNasionalTrending

Forum Media Lokal PALI : Lahir,Tumbuh dan Berkembang

Sejumlah pemilik media di Kabupaten PALI sepakat membentuk Forum Media Lokal PALI | Foto : dok.FMLP


Belasan media massa yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel, sepakat membentuk sebuah perkumpulan.


Wadah yang diberi nama Forum Media Lokal Kabupaten PALI itu dideklarasikan pada Selasa siang (3/1/2023), di Foodcourt Sagarurung, Talang Ubi, PALI.


Pertemuan yang dikemas sederhana dengan nuansa santai itu dihadiri oleh beberapa pemilik media massa di Bumi Serepat Serasan. Baik media cetak, online, maupun elektronik.


Poin penting yang disepakati, antara lain bahwa perkumpulan itu menganut sistem kolektif kolegial, yakni keputusan berdasarkan suara terbanyak, dengan mengedepankan musyawarah mufakat.


"Dasar dibentuknya perkumpulan ini adalah untuk menyatukan visi misi di antara beberapa perusahaan pers yang lahir, tumbuh dan berkembang di PALI. Kesamaan ide, pemikiran dan tujuan, membuat kami secara spontan bersatu dalam wadah perkumpulan dengan ruang lingkup Kabupaten PALI," terang Ketua Forum Media Lokal PALI, Joko Sadewo, SH.,MH., di sela pertemuan.


Menurut pemilik Koran PALI POST dan portal online kabarpali.com itu, media massa yang ada di PALI, melalui produk jurnalistiknya telah berkontribusi bagi pembangunan daerah, dengan menyediakan wahana informasi, aspirasi, edukasi, maupun hiburan bagi khalayak lokal, secara bermutu dan berkesinambungan.


"Maka, eksistensi pilar keempat demokrasi ini harus terus dirawat. Jangan sampai media massa di PALI terkesan tersisih di negeri sendiri," tukasnya, di sepakati para anggota yang lain.


Oleh karenanya, Forum Media Lokal PALI berkomitmen untuk menjalin kemitraan dan merekat sinergitas dengan semua stake holders yang ada di PALI secara kolektif, agar baik dapur redaksi maupun ruang bisnis perusahaan pers itu dapat terus tumbuh dan berkembang pada masa akan datang.


"Tak hanya aktivitas redaksi yang harus terus berproduksi secara berkualitas. Namun juga sebagai pemilik media, kita juga memikirkan bagaimana badan usaha penerbitan pers yang berskala mikro ini tetap hidup dan bertumbuh. Nah, ini juga akan kita formulasikan sedemikian rupa dengan program para pengampuh kebijakan," imbuhnya.


Adapun para anggota Forum Media Lokal PALI di antaranya adalah PALI POST grup, Radio PALI grup, hitspali.com , seputarnegeri.com, barrasumsel.com, Narasi Publik, linksumsel.co, CCTV Jurnalis, rakyatbersuara.com, dan Buana Indonesia.