Khamis, April 13, 2023, 12:26 WIB
Last Updated 2023-04-13T05:27:20Z
DaerahFotoRamadhanTrending

Hikmah Bulan Ramadhan

Penulis Dr.M.Erlin Susri,S.Sos.I.,M.Pd.I ketua STIT Mamba'ul Hikam PALI dan Ketua PCNU PALI | Foto : dok. Pribadi

Bulan Ramadhan adalah bulan yang memang penuh hikmah dari Allah subhanahu wa ta'ala untuk kita semua umat Baginda Nabiyullah  Muhammad shallallahu alaihi wasallam, sesuai dengan pesan Rasulullah bahwa bulan Ramadhan adalah bulan Rahmat bulan penuh kasih sayang Allah.


Untuk kita umatnya nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam, bulan Maghfiroh yaitu bulan yang penuh ampunan dari Allah subhanahu wa ta'ala.


Bulan Itqkun minannar atau bulan barro'atauminannaar, yaitu di mana Allah memberikan sebuah dispensasi kebebasan dari api neraka bagi kita umat Baginda Muhammad shallallahu alaihi wasallam umat Islam yang betul-betul menjalankan perintah Allah subhanahu wa ta'ala terutama perintah menjalankan ibadah Ramadan yaitu; puasa Ramadan dan melaksanakan ibadah-ibadah sunah yang ada di dalam bulan Ramadhan seperti Sholat Tarawih dan Witir, tadarus Al-Qur'an dan Amalan Romadhon lainnya.


Bulan yang didalamnya diturunkan nya Al-Qur'an, yang siapapun membaca Alquran mengamalkan Isi kandungan Al-Qur'an lebih lebih dibulan Ramadhan ini, maka orang tersebut akan dimuliyahkan oleh Allah hidupnya di dunia dan akhirat.


Maka dari itu, agar kita dimuliakan oleh Allah, rakyat kita, negeri dan bangsa kita mau dimuliakan Allah, jadikan Al-Qur'an sebagai pedoman dalam hidup kita, muliakan Al-Qur'an, muliakan para Ahli Al-Qur'an ahli Agama,  pengajar Agama  dan mereka yang belajar Agama/Al-Qur'an.


Karena kata Rasulullah," Khoirulum Man Ta'allamal Qur'an Wa 'Allamabu; sebaik baik kamu adalah orang yang belajar dan mengajarkan Al-Qur'an (Al-Hadist).


Selain itu, didalam bulan Ramadhan juga terdapat malam yang berkah yang kalau kita bertemu dengan malam tersebut dan dibarengi dengan beribadah kepada Nya, maka nilai ibadah Nya dilipat gandakan oleh Allah Swt.


Dan ada banyak Hikmah Hikmah lain dalam bulan Ramadhan ini, hikmah besar dari bulan Ramadhan di antaranya adalah bulan pendidikan, bulan Tarbiyah,Bulan madrasah bulan Latihan  bagi kita untuk melatih diri menahan hawa nafsu.


Pendidikan kepedulian sosial untuk kita berbagi terhadap sesama,dengan penuh rasa kepedulian terhadap yang membutuhkan seperti anak yatim orang-orang yang tidak mampu, yaitu dengan adanya perintah Allah subhanahu Wa ta'ala kepada kita berupa kewajiban mengeluarkan zakat fitrah dan zakat mal, ini merupakan bagian dari Hikmah ibadah Ramadhan.


Maka kalau budaya Sedekah ini betul betul kita amalkan, insyaallah semua kita makmur,pembangunan lancar.Oleh karena itu, kita para Hamba Allah wajib tau terhadap bagian dari Haknya  bulan Ramadhan ini, yaitu hendaklah kita menjaga lisan kita dari berucap kotor, bohong, dan kata kata menyakiti caci maki ghibah pada sesama.


Jaga hati jangan sampai Hasud dengki dan permusuhan terhadap sesama Muslim. Hendaklah kita takut dan khuatir apakah Puasa kita diterima oleh Allah ataukah justru ditolaknya. Innama yataqobbalullahu minal Muttaqien: Sesungguhnya Allah menerima Ibadahnya Orang orang yang bertaqwa kepada Allah.