Jumaat, Mei 19, 2023, 20:10 WIB
Last Updated 2023-05-27T13:12:51Z
DaerahNasionalTrending

Dekranasda PALI Kirim Pembatik Pelatihan Ke Yogyakarta


Dalam rangka meningkatkan keahlian dan Keterampilan pengrajin batik dan penjahit bordir Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) PALI menjalin kerjasama dengan Balai Besar Kerajinan dan Batik di Yogyakarta.


Pelatihan resmi dimulai Jum'at 19 Mei 2023 hingga 23 Mei 2023,hadir dalam pembukaan Ketua Dekranasda PALI Ir.Hj.Sri Kustina,ketua harian Dekranasda PALI yang juga plt Disperindag Kabupaten PALI Brisvo Diansyah, M.ST.MM,kepala balai pelatihan kerajinan dan batik serta peserta pelatihan.


Ketua harian Dekranasda yang juga plt Disperindag Kabupaten PALI Brisvo Diansyah, M.ST.MM menyampaikan seperti mana diketahui bahwa batik merupakan salah satu sub sektor industri kreatif yang berbasis kearifan lokal yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.


Dengan demikian,maka perlu dilakukan upaya pengembangan sentra industri, sentra kreatif dan industri kreatif untuk batik.


Plt Disperindag Kabupaten PALI Brisvo Diansyah, M.ST.MM mengatakan tujuan di laksanakannya pelatihan ini adalah guna meningkatkan Kompetensi dan menumbuhkan jiwa wirausaha pengrajin.


"Selain pengrajin batik pada kegiatan ini juga kami mengirim penjahit bordir untuk ikut serta dalam pelatihan ini,nantinya ilmu yang didapat disini bisa di kembangkan," Kata Ka disperindag PALI,Jumat (19/5/23). 


Ia berharap dengan pelatihan ini, bisa meningkatkan perekonomian pengrajin.


"Harapan saya pengrajin dapat lebih mengembangkan diri, meningkatkan produktifitas dan pada saatnya nanti dapat meningkatkan perekonomian pengrajin itu sendiri maupun masyarakat sekitar," tandasnya.