Khamis, Ogos 31, 2023, 17:09 WIB
Last Updated 2023-08-31T10:09:32Z
EventKDAINasionalTrending

Bantu Promosikan UMKM,KDAI PALI Gelar Lomba Web Design Competition

Foto : Kampung Digital Air Itam

Dalam upaya memajukan kreativitas digital  pelajardi Kabupaten PALI, Kampung Digital Air Itam (KDAI) PALI menggelar Lomba Web Design Competition dengan tema "Mendorong UMKM Lokal Menuju Pasar Digital". Lomba yang akan berlangsung pada tanggal 1 sampai dengan 20 September 2023 ini mengajak para web developer Kabupaten PALI untuk berkreativitas membantu para UMKM lokal dalam memasarkan produk mereka secara online melalui Website.


Dengan semakin pentingnya peran teknologi dalam kehidupan sehari-hari, lomba ini diadakan dengan tujuan untuk mendorong pengembangan keterampilan generasi muda dibidang digital serta mempromosikan potensi para pelaku UMKM Di Kabupaten PALI dalam memasarkan produk mereka menuju pasar digital.


Para peserta lomba adalah pelajar dari Kabupaten PALI baik tingkat SMP maupun SMA/SMK Se-Derajat. Mereka diberikan tantangan untuk menciptakan desain website yang menarik, fungsional, dan sesuai dengan tema yang telah ditentukan. Tema "Mendorong UMKM Lokal Menuju Pasar Digital" diharapkan dapatmenginspirasiparapesertauntuk menghadirkan ide-ide segar dan inovatif melalui desain-desain yang mereka buat.Lomba Web Design Competition ini merupakan website landing page / statis yang menggunakan Layanan dari Google Sites.


Lead Community Kampung Digital Air Itam, Irpansyah, berharap dengan adanya lomba ini akan muncul talenta-talenta digital Kabupaten PALI "Semoga akan lahir talenta-talenta dibidang IT yang inovatif dan bisa memberikan kontribusinya dalam mendukung tranformasi digital kabupaten PALI kedepannya" Kata mahasiswa semester 4 Jurusan teknik komputer Program Studi Teknologi Informatika Multimedia Digital di Politeknik Negeri Sriwijaya ini.


Ipansyah saat memberikan materi disalah satu sekolah binaan KDAI : Foto : dok.Pribadi


Ditambahkan Ipan penilaian meliputi aspek estetika visual, fungsionalitas, dan responsifitas terhadap berbagai perangkat, serta kesesuaian dengan tema yang diberikan.Pemenang Lomba Web Design Competition ini akan diambil 5 Besar untuk mengikuti final dan akan mempresentasikan karya mereka di hadapan para juri yang akan diadakan oleh Kampung Digital Air Itam-PALI.


"Lomba ini juga menjadi momen yang berarti bagi Kampung Digital AirI tam-PALI sebagai pusat kreativitas digital di daerah tersebut dan direncanakan bahwa acara ini dapat terus diadakan secara berkala untuk menginspirasi dan mengembangkan bakat-bakat di bidang desain digital di kalangan masyarakat,"tuturnya.


Sementara itu Teguh Estro selaku Builder Community juga menjelaskan bahwa Web Design Competition ini merupakan langkah penting untuk menemukan talenta digital lokal.


"Namun yang jauh lebih penting adalah pembinaan sampai produk digital ini terimplementasi ke ranah publik,"kata Direktur Eksekutif RESEI.


"Dengan diselenggarakannya Lomba Web Design Competition kali ini, Kampung Digital Air Itam-PALI telah membuktikan komitmennya dalam mendukung perkembangan kreativitas digital dan teknologi di tingkat lokal.Nantinya pemenang lomba diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi mendatang untuk terus mengembangkan kemampuan di bidang desain web dan teknologi, "tutup Teguh.