Isnin, September 04, 2023, 09:15 WIB
Last Updated 2023-09-04T02:15:55Z
DaerahPALI MemilihTrending

Prihatin Jalan Tak kunjung di Perbaiki,Agung Andriansyah Ajak Warga Gotong Royong

Budaya gotong royong kembali di gerakan ditengah masyarakat | Foto : HPC


Warga Talang Subur di kelurahan Talang Ubi Selatan ,Kecamatan Talang Ubi , Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) gotong royong bangun jalan yang putus akibat hampir berberapa tahun tak diperbaiki.Dana perbaikannya berasal dari swadaya masyarakat dan sumbangan donatur.


Tokoh pemuda Kabupaten PALI,Agung andriansyah, SH yang ikut serta dalam gotong royong itu mengatakan, kondisi jalan tidak kunjung diperbaiki oleh pemerintah daerah meski telah putus kurang lebih satu bulan lalu. 


"Karena lamban respon dari pemerintah kabupaten,saya bersama warga mengagas gotong royong secara swadaya," kata dia saat ditemui di lokasi jalan yang putus penghubung dua daerah di kelurahan Talang Ubi Selatan yaitu di Talang subur- Talang Cepit,Minggu, (3/8/23).


Agung mengatakan,menurut warga setempat permohonan perbaikan jalan penghubung antar kampung itu sudah pernah diajukan ke Pemerintah Kabupaten, namun tidak kunjung mendapat respon. 


"Maka secara swadaya dengan mengunakan meterial seadanya, bersama gotong royong bangun jalan yang putus, agar mempermudah masyarakat dalam melakukan aktivitas sosial dan ekonomi, seperti para pekerja,anak sekolah,penjual dan warga yang hendak ke masjid melintasi jalan ini," ujarnya.


Agung Andriansyah (kiri) berkomitmen untuk maju bersama masyarakat | Foto : HPC


Agung menambah jika dirinya akan selalu membersamai masyarakat, memberikan tenaga, pikirannya untuk terus memberikan yang terbaik bagi masyarakat.


"Sebagai putra asli Kabupaten PALI,saya sangat terpanggil,apalagi tradisi gotong royong sendiri untuk saat ini sudah hampir punah,maka dengan itu kami berkomitmen untuk maju bersama masyarakat," ungkap Calon Legislatif dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) Dapil 1 Talang Ubi A.


Sementara itu, Bakir salah satu warga Talang subur, mengatakan pemerintah pernah memperbaiki kerusakan jalan beberapa tahun lalu. Namun tahun ini, bantuan perbaikan yang telah diajukan belum direalisasikan. 


"Karena keterbatasan dana, kami bangun lagi jalan yang rusak dengan gotong royong. Harapannya pemerintah segera memperbaiki dengan kualitas yang lebih baik agar tidak rusak terus kalau ada hujan atau banjir," katanya.


Bakir mengatakan jalan yang putus merupakan akses jalan penghubung antara Talang subur dengan beberapa wilayah di kecamatan Talang Ubi.


"Kami juga mewakili masyarakat Talang Subur dan sekitarnya mengucapkan terimakasih kepada mas Agung yang sudah support kami dalam kegiatan gotong royong ini,jalan ini merupakan akses utama untuk menjual hasil kerajinan rumah  masyarakat seperti tempe dan juga untuk sawah, kebun, bekerja, bersekolah," ujar dia.