Sabtu, November 18, 2023, 19:42 WIB
Last Updated 2023-11-19T12:47:21Z
DaerahNasionalTrending

Peserta WTSS 2023 Kunjungi Gedung Dekranasda PALI

Salah satu peserta saat mecoba mempraktekkan membuat tenun songket | Foto : emceprojects


Sebanyak 30 peserta kemah Welcome To Serapat Serasan tahun 2023 (WTSS 2023) berkunjung ke gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI),Sabtu (18/11/23).


Peserta kemah WTSS 2023 yang berasal dari Kwartir Cabang (Kwarcab) dari berbagai daerah di Sumatera Selatan (Sumsel).


Kehadiran sejumlah peserta tersebut disambut oleh ketua harian Dekranasda PALI Brisvo Diansyah ST MM di halaman gedung Dekranasda PALI.


Kemudian peserta diajak berkeliling didalam gedung Dekranasda PALI untuk menyaksikan langsung pengrajin membuat berbagai kerajianan tangan seperti kerajinan batik tulis,batik cap,kerajinan tenun songket,anyaman rotan,kerajinan bordir,kerajinan ukir kayu, kerajinan batok kelapa dan kerajinan kain jemputan.Bahkan peserta juga diajak untuk mencoba membuat langsung berbagai kerajinan.


Setelah puas melihat dan memperaktekan secara langsung membuat kerajinan,para peserta juga diajak melihat hasil karya pengrajin di gerai Dekranasda PALI dilantai dua.


Alkia salah satu peserta dari Kota Palembang mengatakan jika dirinya merasa senang bisa mencoba langsung membuat anyaman dari rotan dan diajarkan langsung oleh pengrajinnya.


"Ini merupakan pengalaman yang baru bagi saya,awalnya saya pikir cuma lihat-lihat saja ternyata bisa memperaktekkan langsung,"katanya.


Senada dengan Alkia,Muis salah satu peserta yang berasal dari Kabupaten Lahat mengatakan jika dirinya banyak mendapatkan ilmu pengetahuan setelah berkunjung ke gedung Dekranasda PALI.


"Kegiatan ini sangat bagus buat kami kaum muda,dimana disini kami diajarkan menenun songket,menganyam rotan,membuat batik dan disini juga kami baru tahu kenapa harga kerajinan tangan itu tinggi,karena memamang proses pembuatannya susah,"kata Muis.


Sebelumnya wakil Bupati Drs. H. Soemarjono yang juga Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten PALI membuka kegiatan Kemah Welcome To Serapat Serasan 2023 di Bumi Perkemahan Simpang Raja, Kecamatan Talang Ubi, PALI, Jumat 17/11/2023.


Kemah Welcome To Serapat Serasan sendiri direncanakan dimulai tanggal 17 November Sampai dengan 19 November 2023 dengan Peserta dari Kwartir Cabang (Kwarcab) dari berbagai daerah di Sumatera Selatan (Sumsel).


Wakil Bupati dalam sambutanya mengatakan,kita harus mampu menunjukan keunggulan melalui ajang Kemah ini sebagai generasi muda Indonesia yang berasal dari Kabupaten PALI dan berbagai daerah di Provinsi Sumatrea Selatan (Sumsel).


"Untuk itu generasi muda yang mengikuti kemah ini. Agar kiranya tetap menjaga kesehatan, Integritas selama mengikuti kemah. Serta menunjukan segala kemampuan adik-adik. ”ujar Wabup Drs. Soemarjono.


Drs.Soemarjono juga berharapan dengan adanya kegiatan Kwarcab di perkemahan Bumi Serapat Serasan, sebagai bentuk untuk mengenalkan budaya dan seni di Wilayah Kabupaten PALI. 


Nando farastyo selaku ketua Pelaksana menambahkan. Kemah Welcome To Serapat Serasan 2023 di Kabupaten PALI, dapat mengharumkan nama daerah sehingga dapat menjalin hubungan yang baik dengan Kwarcab dari berbagai daerah di Sumatera Selatan (Sumsel). 


"Kami ucapkan selamat datang pada Kakak - kakak yang mengikuti agenda kemah ini, serta tetap menjaga etika dan moral selama berkemah di Perkemahan Simpang Raja" tutupnya