Khamis, Disember 07, 2023, 17:31 WIB
Last Updated 2023-12-09T06:00:08Z
DaerahDisbudparTrending

Disbudpar PALI Gelar Pentas Seni dan Fashion Show Baju Pengantin



Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar kegiatan Pentas Seni dan Fashion show baju adat pengantin tahun 2023,Kamis 7 Desember 2023.


Acara yang dilaksanakan di gedung Orkes Komplek Pertamina tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati PALI Dr. Ir.H.Heri Amalindo, MM yang di wakili oleh Staf ahli bidang SDM dan Kemasyarakatan Pemkab PALI,Drs.Kusmayadi. 


Dalam sambutannya Staf Ahli Bidang SDM Kemasyarakatan menyampaikan permohonan maaf Bupati PALI karena tidak bisa hadir dalam kegiatan tersebut. 




"Berkumpulnya kita di tempat ini adalah dalam rangka menyaksikan kegiatan pagelaran seni berupa lomba fashion show pakaian adat pengantin pali, tampilan teaterikal dan senjang di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir tahun 2023.Dalam kesempatan yang baik ini diharapkan dengan adanya kegiatan ini kita dapat mengembangkan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir,"Kata Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan. 


Ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini menjadi pemicu semangat bagi para penggiat seni dan budaya di Kabupaten PALI untuk terus menjaga dan melestarikan keberagaman seni dan budaya yang ada. 


"Dengan adanya kegiatan pagelaran seni ini saya berharap kiranya ini menjadi motivasi bagi pemuda-pemudi dan masyarakat  kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir untuk menjaga dan melestarikan keberagaman seni dan budaya yang ada di daerah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dan pemuda-pemudi lebih aktif dan kreatif lagi dalam mengembangkan seni dan budaya yang ada,"tandasnya.




Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang juga ketua pelaksana kegiatan Novita Febrianti, ST MT, mengatakan jika kegiatan ini merupakan sebagai bentuk mendukung undang-undang nomor 5 tahun 2007 tentang pemajuan objek kebudayaan.


Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga serta melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir dengan tema mengangkat kekayaan intelektual,dengan ini dinas kebudayaan dan pariwisata mengadakan kegiatan pagelaran seni, kegiatan ini juga mendukung undang-undang nomor 5 tahun 2007 tentang pemajuan objek kebudayaan,"kata Kadisbudpar. 


Kadisbudpar juga menjelaskan jika kegiatan ini diikuti oleh desainer baju pengantin dan pelaku Seni yang ada di Kabupaten PALI. 


"Peserta merupakan dari para pelaku Seni dan kebudayaan yang ada di kabupaten PALI,diantarnya 11 peserta lomba Fashion show pakaian adat,10 peserta treatikal dan 3 peserta senjang dengan dewan juri dari kota Palembang" tutupnya.