Rabu, Mei 08, 2024, 08:32 WIB
Last Updated 2024-05-26T00:53:00Z
ADVDaerahKejari PALITrending

Bupati PALI Dampingi Jaksa Agung RI Resmikan Gedung Baru Kantor Kejari PALI

Pemotongan pita |Foto: humas Kejari PALI

HPC,PALI -- Bupati PALI Dr.Ir.H.Heri Amalindo, MM., mendampingi Jaksa Agung Republik Indonesia, Prof. Dr. H. Sanitiar Burhanuddin, S.H., M.M., meresmikan Gedung Baru Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim dan Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)., Selasa (7/5/24).


Dalam acara peresmian yang dipusatkan di Kantor Kejaksaan Negeri PALI ini, Jaksa Agung RI yang hadir didampingi Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Dr. Yulianto, S.H., M.H., beserta pejabat utama Kejaksaan Agung RI mengapresiasi pembangunan kantor Kejari PALI yang dibangun melalui dana hibah Pemkab.PALI  dengan total anggaran senilai Rp.43.280.760,66. yang diselesaikan dalam kurun waktu enam tahun lamanya sejak tahun 2018.


Foto bersama | Foto : humas Kejari PALI


Diketahui bahwa bangunan gedung kantor kejari PALI merupakan bantuan hibah dari Pemerintah Kabupaten PALI, dibawah pimpinan Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM.


Dalam keterangannya pressnya yang disampaikan kepada media ini, Jaksa Agung RI, St Burhanuddin memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Pemerintah Kabupaten PALI dan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.


Sambutan Bupati PALI | Foto : Humas Kejari PALI


Menurut Jaksa Agung hal itu sebagai bentuk komitmen dan konsistensi dalam mendukung penegakan hukum di wilayah masing-masing.


"Kami sampaikan apresiasi atas Pembangunan Gedung Kantor Baru Kejaksaan Negeri PALI dan Kejaksaan Negeri Muara Enim. Serta kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah yang telah berkomitmen dan konsisten dalam pembangunan tersebut," ungkap Jaksa Agung, Burhanuddin.



Sementara itu, Kajari PALI, Agung Arifianto saat diwawancarai mengaku bahwa Jaksa Agung sangat senang melihat bangunan yang begitu mewah, megah yang dibantu oleh Pemerintah Kabupaten PALI.


Tentu hal itu lanjut Agung, merupakan bentuk sinergitas antara Kejaksaan dan Pemerintah. Kendati gedung megah, namun penegakan hukum harus tetap tegak lurus.


"Pesan dari Jaksa Agung agar meskipun gedung sudah megah, namun penegak hukum harus tetap tegak lurus dan tidak berubah," ujar Agung seraya mengatakan akan ada ungkap kasus di kabupaten PALI dalam waktu dekat, tunggu saja.


Untuk menempati gedung yang baru, Agung Arifianto meminta waktu lebih kurang satu bulan untuk menyiapkan dan pindah barang dari kantor yang lama.


"Sementara untuk kantor yang lama, yang terletak di Pahlawan, kelurahan Talang Ubi Selatan, akan dijadikan mes untuk pegawai," pungkasnya.


Di tempat yang sama, Bupati PALI, Heri Amalindo mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih atas kehadiran Jaksa Agung di Kabupaten PALI. Bagi Heri, kehadiran Jaksa Agung di Bumi Serepat Serasan merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi dirinya dan warga kabupaten PALI.


"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur Bapak Jaksa Agung berkenan hadir di kabupaten PALI. Daerah otonomi baru yang usianya baru 11 tahun. Semoga dengan kehadiran Jaksa Agung di PALI, membuat hubungan silaturahmi antara pemerintah dan kejaksaan semakin meningkat, sinergitas yang terjalin baik semakin baik," tutur Heri Amalindo.


Dalam kesempatan itu juga, Heri Amalindo mengucap syukur Alhamdulillah karena kantor Kejari PALI yang baru, sudah selesai dibangun dan telah diresmikan.


"Tentu dengan telah dibangunnya kantor Kejari PALI yang baru, bisa mengawal pembangunan di Kabupaten PALI yang tepat sasaran dan tepat guna serta tidak menyalahi aturan perundangan yang berlaku," ungkapnya.


Turut hadir dalam peresmian Kantor Kejari PALI yang baru, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Dr. Yulianto, S.H.,M.H., Asisten Umum Jaksa Agung RI, Heri Hermanus Horo, S.H.,M.H, Asisten Khusus Jaksa Agung RI, Sri Kuncoro, S.H., M.Si serta para Asisten di Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Forkopimda kabupaten PALI, Pj. Bupati Muara Enim, Dr. H Ahmad Rizali, M.A, beserta Forkopimda Kabupaten Muara Enim.


Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita. Setelah itu Jaksa Agung Republik Indonesia menebar benih ikan di kolam retensi Kantor Kejari PALI lalu dilanjutkan dengan peninjauan ruangan yang ada di kantor baru Kejari PALI. Kegiatan diakhiri dengan santap siang bersama di Aula kantor Kejari PALI.