Sabtu, Mei 01, 2021, 12:39 WIB
Last Updated 2021-05-03T23:42:58Z
PALI

DPRD PALI Gelar Sidang Paripurna,Peringati HUT PALI Ke-8


 PALI,Hitspali.com--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten PALI yang ke-8,Sabtu (01/05/2021).

Meski dalam masa pandemi dan suasana bulan suci Ramadhan 1442 Hijriyah,HUT PALI ke-8 yang digelar di ruang rapat paripurna berjalan dengan hikmat.

Rapat paripurna tersebut dipimpin ketua DPRD PALI H.Asri AG diikuti seluruh anggota dewan,dihadiri Pj Bupati PALI Dr. H.Rosidin Hasan,Staff Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan provinsi Sumatera Selatan Drs Nelson Firdaus,Kapolres PALI,Dandim 0404 MPP, Kajari PALI,ketua Pengadilan Negeri Muara Enim,TP.PKK,Ikatri,Sekda PALI,seluruh kepala OPD dan FKPD di lingkungan Pemkab PALI juga Calon wakil Bupati PALI terpilih Drs H Soemarjono serta undangan terdiri dari presidium PALI,tokoh masyarakat,tokoh agama serta tokoh pemuda. 

Rapat paripurna DPRD PALI juga dihadiri Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru secara virtual.

Meski banyak dihadiri tamu undangan, namun penerapan protokol kesehatan terlihat ketat diberlakukan yang mewajibkan seluruh yang hadir menggunakan masker juga jarak tempat duduk diberi jarak.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu dan berjuang terwujudnya PALI menjadi DOB. Luas wilayah PALI kurang lebih 1.840 KM persegi dibentuk berdasarkan UU No 7 tahun 2012 yang tujuannya agar kita bisa menata, mengatur dan memanfaatkan potensi yang ada dan meningkatkan pelayanan guna mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat PALI," ucap H Asri AG. 

Selama PALI berdiri, H Asri AG menjelaskan telah banyak menggali potensi dalam meningkatkan pendapatan daerah untuk pembangunan dan kesejahteraan masyarakat PALI. 

Dan selama perjalannya hingga memasuki usia ke-8, H Asri menyebut telah banyak prestasi dan penghargaan yang diraih kabupaten PALI. 

"Dalam hal ini kami sampaikan apresiasi atas kepemimpinan Bupati PALI periode 2016-2021 H Heri Amalindo dan wakil bupati PALI Ferdian Andreas Lacony yang telah bekerja membangun PALI selama lima tahun sehingga mendapat banyak prestasi dan penghargaan," ucapnya. 

Ketua DPRD PALI juga mengajak seluruh masyarakat Bumi Serepat Serasan untuk berpartisipasi dan berkontribusi agar PALI lebih sejajar dengan kabupaten atau kota lain di provinsi Sumatera Selatan. Juga mengajak masyarakat PALI untuk bisa menggali potensi yang dimiliki agar kejayaan PALI di tahun 70 an bisa diraih kembali. 

Kepada Gubernur Sumatera Selatan,H.Asri AG berharap pemerintah provinsi untuk membantu pembangunan di kabupaten PALI. 

"Usia ke-8 merupakan usia yang masih belia namun tidak terlalu muda. Untuk itu masih banyak kekurangan disana-sini terutama percepatan pembangunan. Kami berharap kepada pemerintah provinsi untuk membuka akses jalan penghubung PALI Musirawas serta rumah sakit kami belum selesai juga membantu pembangunan infrastruktur lainnya agar PALI bisa sejajar dengan daerah lain," pintanya. 

Sementara itu, Pj Bupati PALI meminta maaf atas terselenggaranya rapat paripurna yang seharusnya digelar pada tanggal 22 April diundur dan dilaksanakan pada hari ini. 

"Dengan kesibukan Pemda dan DPRD kemudian adanya Pemungutan Suara Ulang (PSU) menjadi alasan rapat paripurna peringatan HUT PALI ke-8 ditunda," ucap Bupati. 

Dijelaskan Pj Bupati bahwa semakin bertambahnya usia, kabupaten PALI  telah menunjukan kemajuan meski masih ada yang belum dicapai. 

"Tahun 2020 meski masa pandemi covid-19, PALI telah mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menurunkan angka kemiskinan, menurunkan angka pengangguran, meningkatkan IPM. Dan telah banyak penghargaan yang telah dicapai dari berbagai sektor," terang Bupati. 

Dibalik itu, Pj Bupati mengaku masih banyak PR yang harus dikerjakan dan harus dituntaskan.

"Keberhasilan yang telah dicapai tidak lepas dari dukungan DPRD dan pemerintah provinsi sumatera selatan. Tapi masih banyak persoalan yang harus diselesaikan, salah satunya IPM kita masih diperingkat 16 dari 17 kabupaten kota, penurunan angka kemiskinan belum mencapai angka satu digit, rumah sakit belum selesai. Kami berharap pemprov membantu percepatan pembangunan di PALI," tukasnya. 

Terpisah, Gubernur Sumsel H Herman Deru sangat mengapresiasi dari capaian prestasi yang didapat PALI dari pertama kali diangkatnya Pj Bupati hingga dua kali digelarnya Pilkada.

"Menyikapi suksesnya Pilkada PALI yang sempat menggelar PSU, saya acungkan jempol kepada seluruh masyarakat PALI yang telah ikut PSU penuh nuansa sangat demokrasi. Saya sempat meragukan, tapi masyarakat dengan cerdas mengikuti PSU berjalan aman dan damai. Kepada KPU dan Bawaslu PALI, kami sampaikan terimakasih sudah menghantarkan Pilkada berjalan sukses. Saya minta semua elemen menerima hasil keputusan rakyat. Dan kepada Forkopinda, Bupati, Polres, Kejari yang tergabung pada Gakkumdu saya juga sampaikan apresiasi. Hasil Pilkada, saya ingin segera menandatanganinya untuk proses pelantikan," jabar Gubernur. 

Mengenai keinginan mengekslarasi pembangunan, Gubernur berjanji tahun ini rumah sakit bisa selesai."Infrastruktur lain Insyaallah kami bantu dan kami tunggu usulannya," tutup Gubernur.(dan)