Selasa, Mei 04, 2021, 07:13 WIB
Last Updated 2021-05-04T00:13:26Z
Tips Hits

5 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Menjalankan Ibadah Puasa

 


Hitspali.com--Hampir 13 jam berpuasa membuat tubuhmu kekurangan cairan dan mengalami dehidrasi.Selain tenggorokan terasa kering, bagian bibirmu juga cendering kehilangan kelembapan.Tentu saja, bibir yang kering akan mengurangi kepercayaan diri.

Jangan sampai bibir kering dan pecah-pecah memengaruhi puasa kamu.Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi Bibir Kering saat berpuasa yang sudah hitspali.com rangkum dari beberapa sumber.

1. Kurangi Makanan Pedas dan Asin

Kurangi memakan makanan yang pedas dan asin selama berpuasa, pasalnya mengkonsumsi makanan asin atau pedas dapat menyebabkan bibir jadi semakin kering bahkan membuatnya tak kunjung sembuh. 

Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat tenggorokan terasa semakin kering saat puasa.

2. Hindari Minuman Berkafein saat Berbuka

Kopi dan Soda mengandung kafein, dapat membuat kelembaban kulit berkurang, sehingga menimbulkan Bibir Kering dan pecah-pecah. 

Ganti konsumsi kafein dengan teh herbal atau jus buah agar membantu menjaga kesehatan kulit tubuh Anda.

3. Gunakan Pelembab Bibir

Sebagai upaya untuk menjaga kelembaban bibir, Anda juga bisa menggunakan lip balm atau pelembab bibir. 

Gunakan lip balm yang mengandung petrolatum, misalnya petroleum jelly, kandungan ini dapat memberikan sensasi kelembaban alami di bibir. 

Hindari menggunakan lip balm yang mengandung eucalyptus atau menthol yang justru akan memperparah dan membuat iritasi bibir yang sedang kering.

4. Oleskan Madu Pada Bibir 

Anda bisa melakukannya pada malam hari setelah berbuka puasa. Madu memiliki kandungan glukosa dan fruktosa yang dapat merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru. 

Dengan begini, kulit bibir akan terlihat lebih merah secara alami. Untuk mendapatkan khasiatnya, campur madu dengan gula kemudian gosokkan pada bibir secara perlahan hingga kulit mati terangkat.

5. Cukupi Minum Air Putih saat Sahur dan Buka Puasa 

Selama berpuasa, asupan cairan harus tetap tercukupi dengan baik. Jika cairan tubuh terpenuhi dengan baik, kulit dan bibir akan tetap lembab sehingga jauh dari pecah-pecah. 

Minumlah air putih saat sahur dan buka Puasa sesuai dengan anjuran yang diharuskan. Jumlah asupan air putih yang disarankan adalah minimal delapan gelas dalam sehari. (istw)