Ahad, Mei 02, 2021, 15:08 WIB
Last Updated 2021-05-04T22:13:20Z
PALI

Pemprov Sumsel Bangun Infrastruktur di PALI,Demi Geliat Ekonomi Masyarakat


PALI,Hitspali.com --Dengan menelan dana hingga Rp 38 milyar lebih di tahun 2019 dan Rp 115 milyar lebih di tahun 2020,Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah membangun infrastruktur di Bumi Serapan Serasan.

Hal itu di ketahui saat Gubernur Sumsel H Herman Deru meresmikan secara langsung infrastruktur yang telah dibangun  melalui anggaran belanja Provinsi Sumatera Selatan tahun 2019 dan 2020.Minggu (02/05/21).

Acara yang dipusatkan di Simpang Lima Pendopo Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dihadiri Penjabat Bupati PALI DR Rosidin Hasan,calon bupati terpilih H Heri Amalindo, ketua DPRD PALI H Asri AG, anggota DPRD Sumsel Rizal Kenedi dan Samsu Rizal, serta sejumlah kepala OPD provinsi Sumatera Selatan dan kepala OPD Kabupaten PALI juga sejumlah kepala FKPD dilingkungan Pemkab PALI. 

Dijelaskan Herwan, Plt Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Sumatera Selatan ada 6 kegiatan di tahun 2019 dan ada 53 kegiatan tahun 2020. Alokasi anggaran diperuntukkan meningkatkan konektivitas antar kabupaten dan  pusat kegiatan penduduk.

"Juga meningkatkan akses antar desa, kecamatan dan kabupaten. Kemudian meningkatkan sumber air baku, mencegah banjir dengan melakukan normalisasi sejumlah sungai, meningkatkan kualitas perumahan, meningkatkan pelayanan kesehatan,Meningkatkan pelayanan pendidikan dan telekomunikasi," terang Herwan. 

Sementara itu, Pj Bupati meminta kepada gubernur Sumatera Selatan untuk dibantu pembangunan perkantoran di kabupaten PALI. 

"Alhamdulillah berkat kepedulian pak gubernur di kabupaten PALI, geliatnya sudah dirasakan masyarakat, salah satunya jalan Simpang Belimbing-Pendopo sudah mulus. Tapi PALI saat ini belum memiliki perkantoran, untuk itu kami berharap pak gubernur bisa membantunya," harapnya. 

Saat meresmikan infrastruktur, H Herman Deru menyebut bahwa dirinya ingin PALI  jadi segitiga emas karena PALI jadi ruas terdekat penghubung antar daerah di Sumsel.

"Kita akan membangun jalan besar, akses besar penghubung PALI - Musirawas, jalan ini akan menjadi saingan jalan tol. Karena target jalan tol Indralaya-Lubuk linggau jarak tempuhnya 5 jam,tapi kalau Palembang Lubuk linggau melalui jalan PALI Musirawas hanya 3 jam," kata Gubernur. 

Selain itu, Gubernur juga akan membangun ruas ekonomi lainnya dalam meningkatkan geliat ekonomi masyarakat Sumsel. 

"Saya titip Pembangunan jalan ini agar dikawal supaya cepat selesai. Kemudian Rumah sakit Pratama Tanah Abang, saya ingin tahun ini selesai. Kunci suksesnya pembangunan adalah sinergi antara DPRD provinsi Sumatera Selatan dengan pemerintah provinsi, DPRD Kabupaten PALI dan Pemkab PALI," ajak gubernur (dan)