Jumaat, Oktober 29, 2021, 21:39 WIB
Last Updated 2021-10-29T14:39:07Z
PALI

Mengenal Kerupuk Manggalo,Kudapan Nikmat dari Desa Tanah Abang PALI

Proses pembuatan kerupuk manggalo

PALI.Hitspali.com--Desa Tanah Abang terletak di kecamatan Tanah Abang Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) hampir 90% masyarakatnya mayoritas petani.Salah satunya petani manggalo (ubi/singkong). 
Dari banyaknya hasil pertanian inilah maka olahan-olahan ubi semakin berkembang salah satu adalah Kerupuk Manggalo.

Kerupuk Manggalo (ubi) hampir sama dengan kerupuk pada umumnya namun yang berbeda disini adalah bahan bakunya yang berasal dari tanaman ubi singkong.Ubi singkong biasanya di sajikan pada waktu ada kegiatan gotong royong dalam desa ataupun keluarga.

Kerupuk Manggalo

Prosesnya,ubi singkong pertama kalinya di kupas setalah itu di cuci bersih dan di parut.Kemudian setalah diparut ubi singkong di masukan kedalam karung lalu diendapkan dengan di tumpuk menggunakan karung yang telah berisi pasir selama 2 hari supaya kadar air yang terkandung didalam ubi singkong keluar dan untuk mengurangi rasa asam dari ubi singkong tersebut.

Setelah kadar airnya hilang ubi singkong diaduk dengan gandum dan sagu lalu dibentuk menggunakan isaran.Setelah terbentuknya menjadi kerupuk mentah lalu di kukus di dalam kuali sampai matang kemudian di jemur sampai kering lalu di goreng.

Gimana Hitser,tertarik mencicipi Kerupuk Manggalo kudapan nikmat dari Desa Tanah Abang.(dan)