Selasa, November 16, 2021, 21:08 WIB
Last Updated 2021-11-16T14:08:34Z
PALI

Pertamina EP Pendopo Field Dorong Petani Budidayakan Padi Sri Organik

Diatas lahan seluas lebih kurang 1,5 hakter yang dikelola kelompok tani binaan Pertamina Pendopo. 






PALI.Hitspali.com ---Tanam Perdana padi SRI organik program pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan dilakukan PT Pertamina Hulu Rokan Region 1 Zona 4 Pendopo Field, Selasa (16/11/21) diatas lahan seluas lebih kurang 1,5 hakter yang dikelola kelompok tani binaan Pertamina Pendopo. 

Kegiatan tanam perdana yang akan menjadi pilot projek pertanian organik di wilayah Bumi Serepat itu dihadiri Sr Manager Pendopo Field I Wayan Sumerta, Kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI Ahmad Jhoni,kepala Balitbang PALI Hairiman,Kepala Dinas LH Bakrin dan sejumlah petinggi di Pertamina Pendopo Field. 

Setelah melakukan kegiatan tanam perdana Padi SRI, seluruh yang hadir meninjau PPMP Pendopo untuk melakukan panen perdana berbagai jenis sayuran organik yang dikelola kelompok tani binaan Pertamina dengan pendampingan petugas ahli organik dan herbal yang didatangkan oleh Pertamina dari pulau Jawa. 

I Wayan Sumerta mengatakan bahwa tanam padi SRI organik program pertanian sehat ramah lingkungan merupakan program CSR yang sebelumnya telah dilakukan Pertamina Pendopo di wilayah Jirak kabupaten Muba. 

"Program ini telah kami mulai sejak tahun 2019 di Jirak. Dan setelah diamati ternyata hasilnya cukup baik kemudian kami coba kembangkan di PALI yang akan menjadi pilot projek ke dua program CSR seperti ini. Sekarang tanam perdana padi SRI organik, dan direncanakan pada tanggal 26 februari 2022 sudah bisa panen, namun secara berkala akan dipantau perkembangannya," ungkap I Wayan. 

Dengan adanya program tersebut, I Wayan berharap mendagangkan manfaat bagi warga sekitar dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

"Pada PPMP Pendopo ini baru berjalan sekitar empat bulan,hasilnya memang kalau padi organik belum ada karena baru tanam perdana,namun untuk berbagai macam sayuran sudah ada yang panen dan hasilnya sudah bisa dipetik oleh anggota kelompok tani.Semoga saja,sesuai harapan kami dengan adanya program ini dapat membawa manfaat bagi masyarakat,"harapnya. 

Sementara itu,Ahmad Jhoni kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI memberikan apresiasi terhadap program CSR Pertamina Pendopo yang menurutnya selaras dengan program pemerintah yakni pertanian berkelanjutan ramah lingkungan. 

"Kami juga sampaikan terimakasih kepada Pertamina Pendopo yang telah membina petani.Program ini menjadi pelopor pertanian ramah lingkungan di kabupaten PALI dan harapan kami bisa dikembangkan ke petani lainnya yang ada di kabupaten PALI," kata Ahmad Jhoni. 

Ahmad Jhoni juga berharap lahan sawah di kabupaten PALI bisa dipertahankan karena dari data yang dimiliki semula PALI memiliki luas baku sawah 7.500 hektar turun menjadi 5.100 hektar. 

"Kedepan padi ramah lingkungan serta sejumlah sayuran bisa berkembang di PALI yang pada akhirnya bisa menyejahterakan petani," tutupnya.(ril)