Jumaat, November 19, 2021, 19:20 WIB
Last Updated 2021-11-21T12:24:59Z
PALISumsel

Petani PALI Mendapatkan Bimtek dari BPTP dan Balitbangtan Sumsel

Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel secara simbolis menyerahkan bantuan benih Padi Varietas Inpari 32 kepada Bupati PALI





PALI.Hitspali.com--Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Sumsel dan Dinas Pertanian Kabupaten PALI melaksanakan Bimbingan Teknis,di Kebun Buah Simpang Raja Jum'at (19/11/2021).

Bimtek Perbenihan dan Budidaya Padi ini untuk mendukung Penukal Abab Lematang Ilir  (PALI) sebagai Lumbung pangan di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Acara yang dibuka secara resmi oleh Bupati PALI Heri Amalindo dihadiri pula oleh Tim Ahli dari Rizky Aprilia Centre, Tim Penggerak PKK, Kepala OPD Lingkup Kabupaten PALI, dan Koordinator BPP Dinas Pertanian Kabupaten PALI.

Pada acara pembukaan, Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel,Dr. Atekan didampingi kepala Dinas Pertanian PALI Ahmad Jhoni, SP., MM menyerahkan bantuan benih Padi Varietas Inpari 32 sebanyak satu ton kepada Bupati PALI yang selanjutnya akan diserahkan kepada perwakilan kelompok tani.

Bantuan benih ini juga merupakan bentuk diseminasi Varietas Unggul Baru (VUB) yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian.

"Kami mengharapkan benih yang sudah diberikan nanti segera ditanam dan dapat mendukung tumbuhnya kelompok penangkar untuk mencukupi kebutuhan benih padi di Kabupaten PALI," ucap Kepala BPTP Balitbangtan Sumsel,Dr. Atekan.

Selain itu demi menambah pengetahuan 60 peserta bimtek yang terdiri dari PPL/PPEP dan petani,BPTP Balitbangtan Sumsel menghadirkan  dua pemateri dari Peneliti BPTP Balitbangtan Sumsel yaitu Ir. Suparwoto dan Ir. Waluyo, MSi.Materi yang disampaikan mengenai Pengenalan Varietas Unggul Baru Balitbangtan,serta Budidaya dan perbenihan Padi  dengan moderator Dr. Yustisia, M.Si.(dan)