Ahad, Disember 12, 2021, 21:50 WIB
Last Updated 2021-12-14T02:01:54Z
PALI

"Enggan" Jalan Dilingkungannya Jelek,Warga di Kabupaten Ini Inisiatif Memperbaiki Sendiri

Sejumlah warga berinisiatif memperbaiki jalan setapak

Hitspali.com,PALI -- Gotong royong merupakan satu di antara ciri khas dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Secara garis besar, gotong royong tertuang dalam Pancasila yaitu sila ketiga 'Persatuan Indonesia'.

Gotong royong sudah mendarah daging, bahkan menjadi kepribadian bangsa dan merupakan budaya yang telah berakar kuat dalam kehidupan masyarakat. Sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat, hampir seluruh daerah di Indonesia menanamkan nilai gotong royong.

Seperti yang dilakukan warga RT 01 RW 01 Talang Ubi Bawah Kelurahan Talang Ubi Selatan Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumsel.

Dengan suka rela warga bergotong royong memperbaiki jalan setapak dan poskamling yang berada di wilayah mereka.

Juardi Ketua RW 01 mengatakan jika kegiatan gotong royong dan perbaikan poskamling di wilayahnya merupakan inisiatif warga.

"Sudah hampir dua tahun sejak jalan setapak kami direhab,warga berinisiatif memperbaiki beberapa ruas jalan setapak yang sudah mulai berlobang,"terang Juardi didampingi ketua RT 01 Sudi Hartono saat ditemui disela-sela kegiatan gotong royong,Sabtu (11/12/21).

Ditambahkannya kegiatan yang dilaksanakan dua hari (Jum'at dan Sabtu) tersebut berasal dari donasi warga.

"Kita patungan bersama warga,membeli semen,pasir dan sebagainya serta ada juga bantuan dari donatur diluar lingkungan kita,"tandasnya pria yang akrab disapa Didit.

Didit berharap kedepannya kegiatan gotong royong diwilayahnya akan terus kembali dilaksanakan.

"Gotong royong adalah salah satu ciri khas masyarakat kita,selain kita bisa menyelesaikan masalah bersama-sama, dengan gotong royong juga kita semakin mempererat silahturahmi antar warga,"tutupnya.(dan)