Rabu, Januari 19, 2022, 20:06 WIB
Last Updated 2022-01-19T13:06:28Z
PALI

Kerajinan Warisan yang Menghasilkan Cuan dari Purun

Disdagprin PALI saat meninjau pengrajin binaan Dekranasda Pali



PALI, Hitspali.com Bambu merupakan salah satu tanaman tropis yang banyak ditemukan di Indonesia.Tanaman yang memiliki batang beruas-ruas yang kuat dan tinggi ini memiliki fungsi penting dalam tiga kebutuhan pokok manusia.Bambu dapat dimanfaatkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan.Salah satunya adalah digunakan untuk membuat anyaman bambu.

Seperti yang di lakukan Ahmad Nasir warga Desa Purun Kecamatan Penukal  Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).Pria yang sehari-hari bekerja sebagai petani ini mempunyai usaha sampingan,yaitu sebagai pengrajin anyaman bambu.

"Paginya kami nyadap karet,siangnya baru kami membuat anyaman bambu,"kata Ahmad Nasir saat di jumpai di kediamaannya,Rabu (19/01/21).

Menurut Nasir kerajinan anyaman bambu merupakan warisan keluarganya secara turun temurun.

Salah satu hasil kerajinan anyaman bambu  Ahmad Nasir



"Selain mengisi waktu kosong di rumah,hasil anyaman bambu juga dapat membantu perekonomian keluarga,"ungkap Nasir yang mengaku jika penjualan hasil kerajinan anyaman bambu baru dipasarkan diwilayah desanya saja.

Nasir juga menambahkan jika dirinya sangat bersyukur karena diikut sertakan dalam pelantihan anyaman bambu oleh Dinas perdagangan dan perindustrian Kabupaten PALI melalui Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) PALI beberapa waktu lalu.

Tas bambu karya Ahmad Nasir


"Banyak ilmu yang didapat setelah mengikuti pelatihan dan akan kami kembangkan lagi,"ujarnya.

Sementara itu plt Kadin Disdagprin PALI Ahmad Deni melalui Kabid perindustrian Luffiana mengatakan jika pihaknya melalui Dekranasda Pali akan selalu memberikan support para pengrajin lokal.

"Kami akan selalu support para pengrajin lokal untuk mengembangkan kerajinannya,apa lagi jika mampu membantu perekonomian mereka,"tandasnya.(dan)