Thursday, February 24, 2022, 09:10 WIB
Last Updated 2022-02-25T02:20:05Z
PALI

Pertamina Pendopo Panen Raya Perdana Padi SRI Organik


PALI,Hitspali.com ---PT.Pertamina Hulu Rokan Region 1 Zona 4 Pendopo Field,menggelar kegiatan panen raya padi SRI organik program pertanian sehat ramah lingkungan berkelanjutan (PSRLB) diatas lahan seluas lebih kurang 1,5 hakter yang dikelola kelompok tani binaan CSR Pertamina EP Pendopo Field Kabupaten PALI. Kamis (24/02/22)

Tampak hadir dalam acara panen raya tersebut Wakil Bupati PALI Drs H Soemarjono,petinggi Pertamina, Senior Manager Pertamina I Wayan Sumerta, Kapolres PALI Efranedi,Kepala Dinas Pertanian Ahmad Joni, Koramil PALI .

Senior Manager Pertamina Pendopo Field I Wayan Sumarta dalam sambutannya menyampaikan bahwa metode penanaman padi oleh kelompok tani binaan Pertamina Pendopo secara Organik untuk menghindari penggunaan pupuk kimia agar ekosistem lingkungan terjaga.

“Awalnya saya sendiri ragu, lantaran dari pembenihan saja saya nilai janggal. Lantaran pembenihan hanya menggunakan satu butir dalam satu lubang. Penyemaian benih hanya tujuh hari langsung tanam. Tapi ternyata hasilnya tidak kalah dengan metode pertanian konvensional. Artinya, dengan metode ini lebih hemat waktu juga biaya karena tanpa menggunakan pupuk kimia serta waktu panen lebih singkat,” ujar I Wayan.

Ditambahkan I Wayan bahwa selain menghemat waktu dan biaya, hasil panen metode SRI ORGANIK adalah lebih sehat.

Mudah-mudahan metode ini bisa menggerakkan para petani disekitar kita dengan biaya yang lebih murah menghasilkan hasil panen yang banyak dan lebih sehat,”jelas beliau.

Sementara itu,Wakil Bupati PALI Drs. H. Soemarjono menyampaikan mengapresiasi kerja pertamina pendopo yang peduli lingkungan dengan memanfaatkan pupuk organik.

“Ya ini merupakan program yang baik dari pertamina yang memfasilitasi kelompok tani Rejo Mulyo dengan menanam Padi Sri Organik, semoga program ini terus berkelanjutan, dan bisa menjadi contoh dari perusahaan yang ada di Bumi Serepat Serasan.” ungkap Wabup PALI.

Ia juga mengajak masyarakat PALI ayo kita bangun dan Peduli terhadap lingkungan.

“Terimakasih pertamina walaupun bergerak perusahaan di bidang minyak dan gas tapi tetap peduli terhadap lingkungan, semoga pertamina makin maju dan sukses selalu.”tutupnya.(dan)