Sunday, March 13, 2022, 12:12 WIB
Last Updated 2022-04-05T00:14:07Z
ADVPALI

Sukses Gelar Kejurnas Adventure Offroad 2022,Geliat Ekonomi di PALI Mulai Bangkit

PALI,Hitspali.com --Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Adventure Offroad 2022 yang dibuka Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo pada hari Sabtu 12 Februari 2022, cukup menyedot perhatian publik, baik skala lokal maupun nasional.

Ajang yang digelar di kawasan Sirkuit Mako Brimob PALI tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu 12-13 Maret 2022.

Event yang diikuti oleh 80 offroader dari berbagai Provinsi di Indonesia tersebut, mampu memberikan dampak positif bagi warga, salah satunya, pedagang kuliner baik makanan dan minuman yang sudah jauh-jauh hari menanti event tingkat nasional tersebut.

Bahkan tempat-tempat penginapan seperti hotel yang tersebar di kecamatan Talang ubi juga kebanjiran rejeki.

Seperti diungkapkan Yati, salah satu pedagang yang biasa berjualan di acara kenduri yang diadakan masyarakat.Ia mengaku mendapat omzet dua kali lipat ketimbang hari biasa.

“Pendapatan saya naik dua kali lipat dibanding hari biasa.Biasanya kita jualan diacara-acara hajatan warga.Ya alhamdullilah berkat Kejurnas offroad dagangan saya laku keras,” ungkap Yati, Minggu (12/3/22).

Begitu pula dengan Halimah pedagang kuliner yang menyajikan menu berupa nasi ayam bakar serta aneka masakan lainnya di kawasan jalan simpang raja Pali.Serupa dengan Yati, omzetnya meningkat tajam dua kali lipat.

“Jadi pengunjung di warung saya pada saat ada kejurnas offroad penuh.Rata rata mereka orang luar daerah yang makan di warung saya,” kata Halimah.

Sementara Shella,salah satu warga disekitar lokasi sirkuit Makobrimob mengatakan jika rumahnya digunakan oleh salah satu peserta dari luar Sumatera untuk menginap.

“Seluruh hotel dan penginapan di Talang Ubi penuh,jadi kami inisiatif rumah kami di jadikan penginapan sementara,”terangnya.

Menurut Shella,jika rumahnya dengan sirkuit dekat sehingga mudah dijangkau oleh peserta yang menginap.

Tak cukup sampai di situ, selain para pedagang asongan dan kuliner,sebagian warga yang tinggal tak jauh dari lokasi kegiatan Kejurnas offroad juga mendapat berkah. Mereka sebagian besar dari warga sekitar juga dilibatkan menjadi juru parkir.

Sementara itu,Event kejuraan nasional (Kejurnas) Adventure Offroad 2022 Putaran I IMI Award yang digelar di kawasan Sirkuit Mako Brimob PALI dua hari yaitu 12-13 Maret 2022,dibuka langsung oleh Bupati PALI.

Dalam sambutannya Bupati PALI, H Heri Amalindo meminta agar masyarakat Kabupaten PALI, bisa menjaga nama baik daerah.

Karena, diketahui para peserta berasal tidak hanya dari Sumatera dan Jawa, akan tetapi juga berasal dari pulau Kalimantan dan Sulawesi.


“Artinya, Kabupaten PALI semakin dikenal. Oleh karena itulah, saya mengimbau masyarakat PALI, untuk menunjukkan keramahtamahan, agar peserta tadi berkesan, dan tentunya bisa menjadi awal dimulainya investasi di Bumi Serepat Serasan,” terang Bupati.

Suami dari anggota DPR RI Sri kustina itu juga mengungkapkan agar para peserta menjaga keselamatan saat mengikuti kejurnas.

“Yang tidak kalah penting, agar peserta jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas dari kabupaten PALI, baik kuliner maupun kerajinan tangan. Untuk kuliner ada Sagarurung, Miso, sementara untuk kerajinan tangan ada batik khas PALI, beraneka ragam perabotan dari batok kelapa, dan lainnya,” tambahnya.

“Kami mengucapkan permohonan maaf, bilamana masih terdapat kekurangan dalam penyambutan dan penempatan. Maklum, daerah otonomi baru jadi masih butuh bantuan untuk pembangunan yang masif,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Ketua IMI Sumsel, Alpian Maskoni mengungkapkan sirkuit Mako Brimob PALI, sangat menantang adrenalin para offroader.



“Selain venue yang berlumpur yang sangat digemari peserta, kontur tanah Sirkuit Mako Brimob juga merupakan tanah merah, jadi pasca hujan lintasan jadi sangat lengket. Ini tantangan baru bagi Offroader, jalan licin dan lengket,” kata Alpian.

Diaku Alpian, Kabupaten PALI sukses dalam gelaran Kejurnas untuk pertama kali pasca wabah pandemi.

“Tentunya, para peserta yang kebanyakan merupakan pebisnis bisa melirik kabupaten PALI, sebagai daerah investasi yang cukup potensial. Seperti adanya sumur minyak tua yang masih bisa dimaksimalkan, dan lainnya,” terangnya.

Untuk putaran kedua Kejurnas Adventure Offroad akan digelar di Lombok, diperkirakan seusai hari Raya Idul Fitri.

Sebelumnya, Ketua Panitia Al Hepi Kurniawan menerangkan ada empat kelas yang dipertandingkan yakni kelas G1, G2, G3, dan G4.

“Total ada sekitar 80 peserta yang turun. Kabupaten PALI, sendiri turun di dua kelas, yakni G3 dan G4,” pungkasnya.(dan/ADV)